Bangun Pusat Riset Geothermal, DPR Gandeng Australia dan New Zealand

Anggi Tondi Martaon    •    Senin, 10 Jul 2017 15:59 WIB
berita dpr
Bangun Pusat Riset Geothermal, DPR Gandeng Australia dan New Zealand
Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto (Foto:MI/Susanto)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dalam rangka mengembangkan potensi energi panas bumi, DPR RI berencana membangun pusat riset geothermal di Indonesia. Guna mewujudkan rencana itu, DPR menggandeng
Australia dan New Zealand. Kedua negara tersebut dinilai memiliki pengalaman memanfaatkan energi panas bumi.

"Karena dulu pada saat berkunjung ke Australia, saya mampir ke Melbourne. Ternyata ahli geothermal di Melbourne banyak," kata Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto, setelah menerima kunjungan perwakilan delegasi Parlemen Australia, di Gedung Nusantara III Komplek Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin, 10 Juli 2017.

Politikus Demokrat itu mengungkapkan, dalam pertemuan yang berlangsung di ruang pertemuan pimpinan DPR RI, perwakilan parlemen Negeri Kanguru itu menyebutkan bahwa ada beberapa anggotanya berpengalaman dalam pengembangan energi baru terbarukan. Sehingga, kedua belah pihak bisa saling bertukar pikiran terkait pengembangan energi geothermal di Indonesia. "Sehingga dia akan memfasilitasi, khususnya di bidang knowledge," ucap adik ipar mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono itu.

Selain Australia, Agus juga menyebutkan bahwa pihaknya telah lebih dahulu menjalin komunikasi dengan New Zealand. Perwakilan negara tersebut akan mengunjungi Indonesia guna membahas pembangunan pusat riset geothermal.

"Nanti tanggal 31 Juli sampai 2 Agustus, ada perwakilan dari New Zealand akan bertemu saya untuk membahas pusat geothermal di Indonesia," kata Agus.


(ROS)