Gugatan PP Holding BUMN Pertambangan Dianggap Peninjauan

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 11 Jan 2018 18:50 WIB
holding bumnholding tambang
Gugatan PP Holding BUMN Pertambangan Dianggap Peninjauan
Menteri BUMN Rini Soemarno. (Foto: Medcom.id/Desi Angriani)

Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno tidak terlalu meladeni gugatan yang dilayangkan untuk produk hukum holding BUMN pertambangan.

Rini mengatakan setiap produk hukum yang telah terbit pastinya sudah melalui beberapa proses. Sehingga, gugatan Koalisi Masyarakat Sipil Penyelamat BUMN atas Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 47 Tahun 2017 tentang Penambahan Penyertaan Modal Negara ke Dalam Modal Saham PT Inalum dianggapnya sebagai bentuk peninjauan kembali (judicial review) saja.

"Proses judicial review itu menurut saya baik-baik saja," ungkap Rini di Stasiun Gambir, Jakarta, Kamis, 11 Januari 2018.

Baca: Holding BUMN Pertambangan Digugat ke Mahkamah Agung

Rini juga mengungkapkan gugatan atas dasar hukum holding BUMN pertambangan tidak menyurutkan tekad untuk membentuk holding-holding BUMN lainnya.

Seperti diketahui Kementerian BUMN berencana membentuk holding BUMN migas dan holding BUMN perbankan dalam waktu dekat.

"Jadi Insyaallah saya berharap tidak ada masalah. Ya tetap prosesnya kita jalankan semua yang untuk migas," kata dia.

Baca: Holding Migas juga Berpeluang Digugat ke MA

Belum lama ini Koalisi Masyarakat Sipil Penyelamat BUMN mendaftarkan uji materiil ke Mahkamah Agung atas PP Nomor 47 Tahun 2017 tentang Penambahan Penyertaan Modal Negara ke Dalam Modal Saham PT Inalum. Permohonan itu teregistrasi di Kapaniteraan MA dengan Nomor 001/HUM/2018.

Dalam keterangan tertulis yang didapatkan Medcom.id, Juru Bicara Koalisi, Ahmad Redi menyatakan bahwa Permohonan uji materiil PP tersebut merupakan bentuk ijtihad Konstitusional koalisi untuk memastikan bahwa holdingisasi yang dilakukan Pemerintah dengan menghapus status BUMN (Persero) PT Antam, PT Bukit Asam, dan PT Timah ini merupakan kebijakan yang keliru.


(AHL)


Delegasi IMF Kembali Kunjungi Ikon Kota Denpasar

Delegasi IMF Kembali Kunjungi Ikon Kota Denpasar

18 hours Ago

Mereka mengapresiasi inovasi dan community based yang sukses terbentuk di Tukad Bindu, ya…

BERITA LAINNYA