Menkeu Sebut Kenaikan Harga Minyak Tidak Buat Pertamina Merugi

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 09 Jan 2018 09:23 WIB
pertaminaminyak mentah
Menkeu Sebut Kenaikan Harga Minyak Tidak Buat Pertamina Merugi
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Jakarta: PT Pertamina (Persero) mengklaim adanya kerugian usaha di 2017 karena kenaikan harga minyak dunia yang tak diikuti penyesuaian harga jual Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar dan premium. Adapun Pertamina berharap ada penyesuaian agar kerugian tersebut tidak terus melebar di masa-masa mendatang.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, kenaikan harga minyak dunia sebenarnya tidak lantas membuat Pertamina bangkrut atau merugi. Ani, sapaan akrabnya mengaku, pihaknya telah melihat neraca keuangan Pertamina dan juga tekanan pada perusahaan di tahun lalu.

Dirinya berpendapat sebenarnya pada 2016, ketika harga minyak mengalami penurunan, namun harga BBM tak ikut dilakukan penyesuaian ke bawah, Pertamina telah mendapat untung dari hal tersebut. Kondisi itu sebenarnya bisa digunakan Pertamina untuk memperkuat strategi bisnis.

"Jadi (keuntungan) itu dipakai untuk menjaga 2017 rasanya dari neraca Pertamina cukup baik," kata Ani, dalam dialog Makro dan Fiskal bersama Pengusaha, Pengamat dan Pimpinan Media, di Kemenkeu, Jakarta Pusat, Senin, 8 Januari 2018.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengatakan neraca keuangan Pertamina tak akan mengalami masalah apabila menjalankan belanja operasional dari jual beli BBM. Namun, lain halnya apabila digunakan untuk ekspansi belanja modal seperti membangun proyek kilang, investasi dan sebagainya, maka akan terkena tekanan.

"Kalau mereka harus ekspansi belanja modal cukup banyak, di situ mungkin mendapat tekanan. Kalau hanya bicara belanja it's gonna manageble. Kenaikan harga minya enggak menimbulkan persoalan berkesinambungan atau colaps dari neraca Pertamina dan APBN," pungkas Ani.


(ABD)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

3 days Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA