Enam Tips Aman Jaga Kelistrikan saat Banjir

Annisa ayu artanti    •    Selasa, 06 Feb 2018 10:45 WIB
listrikpln
Enam Tips Aman Jaga Kelistrikan saat Banjir
Ilustrasi. (Foto: Antara/Agung Rajasa).

Jakarta: PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) mengimbau kepada masyarakat untuk mencermati beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kelistrikan di rumah aman saat musim hujan dan banjir melanda.

General Manager PLN Disjaya Ikhsan Asaad menjelaskan saat mulai banjir atau ada potensi banjir di satu kawasan, perhatikan posisi stop kontak listrik, kabel rol atau kabel tambahan lainnya jangan sampai terendam air. Jika terendam akan memicu konsleting listrik.

"Perhatikan posisi-posisi stop kontak listrik, kabel rol atau kabel tambahan yang berada di bawah atau dekat dengan lantai, amankan kabel rol atau kabel tambahan yang berpotensi terendam air," ujar Ikhsan saat berbincang dengan Medcom.id, Selasa, 6 Februari 2018.

Kedua, pelanggan juga diimbau untuk mematikan seluruh peralatan listrik dan elektronik yang berada dekat dengan lantai dan pindahkan ke posisi yang lebih aman.

"Lalu, ketiga jika stop kontak sudah mulai tergenang air, maka matikan aliran listrik untuk sementara waktu dengan cara mematikan atau "OFF" MCB yang berada di Kwh Meter," kata dia.

Seringkali terlupakan, pelanggan juga diminta untuk memperhatikan mesin air atau jet pump. Jika mesin air sudah nyaris terendam air, cabut kabel listrik dari stop kontak agar mesin tidak menyala.

Ikhsan menambahkan jika ada sesuatu yang dianggap membahayakan segera menghubungi hotline Disaster Recovery Center PLN atau Contact Center PLN.

"Terakhir, mengungsi ke daerah aman sedini mungkin," tutup Ikhsan.

 


(AHL)