Pemerintah Mengusahakan Tarif Listrik Tetap hingga Akhir Tahun

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 15 Jun 2017 20:02 WIB
tarif listrik
Pemerintah Mengusahakan Tarif Listrik Tetap hingga Akhir Tahun
Tarif listrik. ANTARA /M Agung Rajasa.

Metrotvnews.com, Cinere: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan akan mengupayakan tarif dasar listrik (TDL) tidak mengalami peningkatan hingga akhir tahun.

Jonan bersama Direktur Utama PT PLN (Persero) tadi pagi mengungkapkan akan berusaha supaya membuat tarif listrik tidak berubah sampai akhir tahun. Hal tersebut dilontarkan sekalian menanggapi pertanyaan mengenai pencabutan subsidi listrik untuk golongan 900 VA yang termasuk dalam kategori rumah tangga.

"Jadi be gini, komitmen pemerintah, termasuk PLN ya, itu sampai akhir tahun tidak ada kenaikan tarif," kata Jonan di PJB Gandul, Cinere, Jawa Barat, Kamis 15 Juni 2017.


Jonan menegaskan, saat ini terus berusaha meningkatkan efisiensi PLN supaya harga jual listriknya menjadi lebih murah. Mantan Menteri Perhubungan ini juga akan memastikan proses pencabutan subsidi golongan pelanggan 900 VA yang termasuk rumah tangga mampu tersebut telah selesai. Sehingga, tidak akan terjadi kenaikan listrik lagi.

"Malah kita berusaha per tiga bulan agar tarifnya itu, kalau bisa semua golongan bisa turun," ucap dia.

"Terus efisiensinya PLN juga makin baik, nah tentunya tarifnya juga kalau bisa harga jualnya juga makin lama makin turun," imbuh dia.

Ia juga kembali menjelaskan, kenaikan TDL golongan pelanggan 900 VA yang termasuk dalam golongan mampu itu dilakukan sebagai implementasi kebijakan subsidi tepat sasaran.

Berdasarkan ketentuan itu, subsidi pelanggan listrik golongan 900 VA yang tidak masuk kategori miskin dan rentan miskin akan dicabut secara bertahap. Kemudian, subsidi tersebut akan dialokasikan untuk pembangunan program kelistrikan di daerah terpencil.

"Memang sebaiknya subsidinya itu digunakan untuk pembangunan listrik di seluruh Indonesia," pungkas dia.


(SAW)

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional
Sevel Tutup

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional

6 days Ago

Bangkrutnya usaha 7-Eleven (sevel) ditangan PT Modern Internasional Tbk (MDRN) meninggalkan ban…

BERITA LAINNYA