Masih Ada Disparitas Listrik di Jawa dan Non-Jawa

Annisa ayu artanti    •    Rabu, 19 Jul 2017 13:09 WIB
listrikkesenjangan sosial
Masih Ada Disparitas Listrik di Jawa dan Non-Jawa
Ilustrasi. (FOTO: MI/Panca Syurkani)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT PLN (Persero) mengungkapkan kendala dalam kelistrikan di Indonesia saat ini adalah masih adanya disparitas listrik antardaerah. Khususnya, di luar sistem Jawa-Bali.

"Kita masih mengalami disparitas, beberapa region sudah mengalami excess kapasitas seperti di sistem Jawa Bali, tapi di sistem non-Jawa Bali, kita masih mengalami keadaan sebagian defisit," kata Direktur Regional Jawa Bagian Timur dan Bali, Amin Subekti di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, Rabu 19 Juli 2017.

Menghadapi disparitas listrik itu, Amin menjelaskan, PLN terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan ke arah lebih baik, terutama sistem kepada pelanggan. Sementara untuk daerah yang mengalami defisit listrik, sesuai dengan tugas pemerintah PLN juga meningkatkan kapasitas beban energi di daerah tersebut.




"Challenge tersebut di antaranya kualitas pelayanan lebih baik, bagaimana persoalan-persoalan pada sistem pelanggan bisa dijalankan. Demikian juga di daerah-daerah defisit, bagaimana kita sebagaimana ditetapkan pemerintah meningkatkan kapasitas beban energi," jelas dia.

Lebih lanjut, kata Amin, PLN masih menargetkan pada 2019, rasio elektrifikasi dapat tercapai 97 persen. Sehingga tidak ada daerah-daerah yang kekurangan listrik.

"Dari rasio elektrifikasi, bahwa kita harus mencapai pada akhir 2019 rasio elektrifikasi mencapai 97 persen," pungkas dia.


(AHL)


Perpres DNI Rampung Pekan Depan

Perpres DNI Rampung Pekan Depan

1 week Ago

Pemerintah mempercepat penyelesaian rancangan per-aturan presiden (Perpres) mengenai Daftar Neg…

BERITA LAINNYA