Akuisisi Aset Ophir, Medco Rogoh Rp7,2 Triliun

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 30 Jan 2019 19:35 WIB
medco international
 Akuisisi Aset Ophir, Medco Rogoh Rp7,2 Triliun
Illustrasi MI/Panca.

Jakarta: Medco Energi Global PTE Ltd mengakuisisi aset-aset migas milik Ophir Energy Plc dengan nilai 390,6 juta Poundsterling atau setara dengan Rp7,2 triliun. 

Berdasarkan ketentuan penawaran, para pemegang saham Ophir akan menerima 55 pence untuk setiap saham Ophir yang dimiliki. Akuisisi tersebut berdasarkan persetujuan dari pemegang saham Ophir dan persetujuan peraturan-peraturan otoritas lainnya.

"Medco dengan senang hati mengumumkan penawaran yang direkomendasikan ini untuk mengakuisisi Ophir dan portofolionya atas aset minyak dan gas," kata Direktur Utama Medco Hilmi Panigoro dalam keterangan resmi, Rabu, 30 Januari 2019.

Adapun pembiayaan akuisisi ini berasal dari pendanaan pinjan atau kredit yang ditandatangani Medco Global. Medco memandang dengan sinergi kedua perusahaan akan meningkatan skala, diversifikasi, dan peluang pertumbuhan kombinasi bisnis migas Medco di Asia Tenggara.

Serta memperkuat posisi Medco sebagai perusahaan energi dan sumber daya yang terintegrasi. Medco percaya strategi dan finansial yang logis dan menarik dari transaksi ini akan menciptakan nilai bagi pemangku kepentingan.

Akuisisi ini diperkirakan meningkatkan performa produksi Medco tahun 2019  sebesar 29 persen menjadi 110 Mboe per hari dan kombinasi cadangan2 2P and sumber daya3 2C dari 117 persen menjadi 1.252 MMboe.



(SAW)