Pemerintah Pusat Serah Terima 654 Unit Pembangkit ke Pemda

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 08 Feb 2018 15:42 WIB
energi
Pemerintah Pusat Serah Terima 654 Unit Pembangkit ke Pemda
Direktur Jenderal EBTKE Rida Mulyana. Medcom/Ayu.

Makassar: Pemerintah pusat dalam hal ini Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) menyaksikan penandatanganan serah terima Barang Milik Negara (BMN) yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sektor EBTKE kepada pemerintah daerah (Pemda).

Direktur Jenderal EBTKE Rida Mulyana menyebutkan ada 654 unit BMN sektor EBTKE yang diserahkan kepada Pemda hari ini. Sebanyak 654 BMN tersebut terdiri dari tujuh unit Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) dan 45 unit Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terpusat, 

Kemudian satu unit Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid, satu unit revitalisasi PLTS 1 MWp, Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS), 474 unit lampu LED Retrofit, satu unit PLT POME, dan 125 unit lampu LED Retrofit.

"Seluruh BMN ini tersebar di 30 kabupaten di 19 provinsi dengan total anggaran yang digunakan untuk pembangunan infrastrukturnya sebesar Rp343,5 miliar," sebut Rida di Makassar, Kamis, 8 Februari 2018.

Selain itu sebanyak 44 unit sumur bor yang merupakan BMN dari Badan Geologi juga diserahkan. Sumur bor ini dihibahkan kepada daerah supaya masyarakatnya dapat merasakan air bersih. Total hibah dari BMN Badan Geologi senilai Rp16,48 miliar.

"Jadi total BMN yang akan diserahterimakan dari Kementerian ESDM kepada Pemerintah Daerah sebanyak 698 unit dengan nilai total sebesar Rp359,9 miliar," ucap dia.

Menurutnya, penyerahan BMN kepada Pemda merupakan sarana untuk mewujudkan pengelolaan barang milik negara untuk lebih efisien, efektif, dan akuntabel.


Ia pun berharap, daerah membantu pemerintah pusat untuk mengidentifikasi potensi dan kebutuhan energi masyarakat, memanfaatkan infrastruktur instalasi listrik ataupun pemanfaatan energi terbarukan dengan optimal.

"Serta melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pemeliharaan terhadap infrastruktur yang telah terbangun sesuai ketentuan yang berlaku," pungkas dia.


(SAW)


Delegasi IMF Kembali Kunjungi Ikon Kota Denpasar

Delegasi IMF Kembali Kunjungi Ikon Kota Denpasar

16 hours Ago

Mereka mengapresiasi inovasi dan community based yang sukses terbentuk di Tukad Bindu, ya…

BERITA LAINNYA