Pertamina Jamin Pasokan Elpiji 3 Kg Aman

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 08 Dec 2017 11:02 WIB
pertaminaelpiji 3 kg
Pertamina Jamin Pasokan Elpiji 3 Kg Aman
Direktur Pemasaran Pertamina Muchamad Iskandar (tengah). (FOTO: MTVN/Eko Nordiansyah)

Jakarta: PT Pertamina (Persero) menjamin pasokan elpiji 3 kilogram (kg) tetap aman jelang akhir tahun. Hal ini menanggapi sejumlah kabar yang menyebut jika terjadi kelangkaan gas terutama untuk elpiji 3 kg.

Direktur Pemasaran Pertamina Muchamad Iskandar mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir dengan informasi kelangkaan elpiji 3 kg. Pertamina selaku penyedia elpiji 3 kg akan memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Masyarakat tidak perlu khawatir berapa pun kebutuhan masyarakat akan kita penuhi sehingga tidak perlu merasa khawatir kalau ada kekurangan," kata dia di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta Pusat, Jumat, 8 Desember 2017.

Dirinya menambahkan, stok harian untuk Desember ini masih tergolong aman. Rata-rata nasional stok yang ada mencukupi sampai dengan 18,9 hari atau di atas range aman yaitu 15 hingga 19 hari.

"Ini sangat aman, jadi pergerakan range aman itu 15 sampai 19 hari kita jaga di level itu sehingga enggak perlu khawatir kurang karena elpiji lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," jelas dia.

Hingga akhir November, realisasi penyaluran elpiji 3 kg bersubsidi telah mencapai 5,750 juta metrik ton (MT), atau 93 persen dari kuota yang ditetapkan pada APBN-P 2017 sebesar 6,199 juta MT.

"Diperkirakan pada akhir Desember 2017, penyaluran elpiji 3 kg akan melebihi kuota sebesar 1,6 persen di atas kuota APBN-P 2017 tersebut," pungkas dia.

 


(AHL)