Penyaluran Gas Elpiji 3 Kg di Tarakan Melalui Kartu BNI

Gervin Nathaniel Purba    •    Senin, 19 Sep 2016 23:14 WIB
elpiji 3 kg
Penyaluran Gas Elpiji 3 Kg di Tarakan Melalui Kartu BNI
Elpiji 3Kg (ANT/Andreas Fitri Atmoko).

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bekerjasama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) dalam mendistribusi gas LPG tiga kilogram (kg) secara tertutup di Tarakan, Kalimantan Utara.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM IGN Wiratmaja Puja mengatakan setiap kepala keluarga di Tarakan diberikan kartu dari BNI untuk transaksi pembelian LPG tiga kg. Transaksinya hanya boleh noncash.

"Di tiap pangkalan pembelian LPG tiga kg ada Electronic Data Capture (EDC) punya bank (BNI). Kalau masyarakat tidak punya akun bank bisa bawa uang ke pangkalan dan bisa diisi, masyarakat bisa mengisi top up di pangkalan dengan tunai," ujar Wiratmaja di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (19/9/2016).

Dirinya menambahkan, setiap keluarga dapat jatah tiga tabung per bulan dan satu usaha mikro dapat jatah sembilan tabung per bulan. Program ini sudah berjalan di seluruh kecamatan Tarakan Timur dan ia mengklaim masyarakat senang karena adanya pasokan dan harga terjamin tidak melebihi harga eceran tertinggi (HET).

"Malah ada beberapa warga memberikan tambahan (tabung gas elpiji tiga kg) ke pangkalan Rp1.000-Rp2.000 ke pangkalan karena HER Rp16 ribu. Ini terjadi di Tarakan kami akan evaluasi tiga bulan," jelasnya.

Terkait penerima gas elpiji tiga kg tersebut, ia tidak menyebutkan gas tersebut ditujukan untuk rakyat miskin atau kaya. Menurutnya, perlu ada revisi regulasi untuk memperjelasnya.

Wiratmaja mengatakan program seperti nantinya akan dilakukan di seluruh Indonesia secara bertahap. Untuk di luar Tarakan, pihaknya sudah bernegosiasi dengan bank-bank nasional.

"Kita sudah bicara dengan BRI, Mandiri, dan BCA juga. Dari diskusi yang kita lakuakn semuanya positif, hanya butuh waktu karena Indonesia luas. Bangka Pemdanya sudah kita komunikasi tahun depan akan segera kita siapkan seluruh Indonesia. Jabar dan Jateng, bertahap," tutupnya.


(SAW)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA