Pemerintah dan Freeport Terus Bernegosiasi

Annisa ayu artanti    •    Selasa, 14 Mar 2017 14:21 WIB
freeport
Pemerintah dan Freeport Terus Bernegosiasi
Direktur Eksekutif Freeport Tony Wenas saat berkunjung ke kantor Kementerian ESDM. (FOTO: MTVN/Annisa Ayu Artanti)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah kembali melakukan negosiasi dengan PT Freeport Indonesia (PTFI) untuk mencari jalan keluar tentang sengketa yang terjadi antara pemerintah dengan Freeport selama ini. Salah satunya terkait dengan hilirisasi.

‎Rombongan Freeport yang diwakili Direktur Freeport Clementino Lamury dan Direktur Eksekutif Freeport Tony Wenas, sedang menunggu bertemu dengan pihak pemerintah di lobi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Namun saat ditemui wartawan, Tonny enggan berkomentar banyak terkait pertemuannya dengan pemerintah tersebut. Begitu juga dengan poin yang akan dibahasnya nanti.

Baca: Freeport Kembali Berkunjung ke Kementerian ESDM

‎"Iya (negosiasi), tapi nanti saja," kata Tony, di Lobby Kementerian ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa 14 Maret 2017.

Tonny pun meminta waktu dalam mengeluarkan pernyataan kepada para pewarta atas pertemuannya dengan pemerintah?. "Boleh minta waktu tidak? Kita kan mau ketemu dulu (negosiasi). Nanti ya (setelah negosiasi)," kata Clementino.

Kemarin, Direktur Jenderal Mineral dan Batubara, Kementerian ESDM Bambang Gatot Aryono memang mengatakan setiap minggunya Freeport dan pemerintah Indonesia terus melakukan pertemuan intensif.

Baca: Menko Luhut: Tak Ada Negosiasi Tertutup untuk Freeport

"Pokoknya setiap minggu ada (pertemuan). Minggu ini pasti ada (pertemuan," kata Bambang Gatot. Biasanya, kata Bambang pembahasan dengan Freeport tentang kondisi terkini.

Berdasarkan agenda yang diperoleh Metrotvnews.com, hari ini juga akan dilakukan konferensi pers hasil pertemuan Menteri ESDM Ignasius Jonan terkait Freeport yang akan disampaikan oleh Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi).


(AHL)