Mengeksplorasi Giant Discovery

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 05 Dec 2018 16:17 WIB
migaskementerian esdm
Mengeksplorasi <i>Giant Discovery</i>
Ilustrasi. (FOTO: AFP)

Jakarta: Indonesia Petroleum Association (IPA) atau asosiasi perusahaan migas Indonesia mendorong peningkatan eksplorasi di 2019.

Presiden IPA Tumbur Parlindungan mengatakan saat ini produksi migas di Indonesia makin menurun. Dia mengatakan satu-satunya cara untuk bisa menolong produksi nasional yakni melalui eksplorasi.

"Harapan kita makin banyak eksplorasi," kata Tumbur di Hotel Four Season, Jakarta Selatan, Rabu, 5 Desember 2018.

Sementara itu Direktur IPA Ronald Gunawan mengatakan peningkatan eksplorasi diperlukan untuk bisa mewujudkan penemuan cadangan migas raksasa (giant discovery). Harapannya produksi migas bisa meningkat serta bisa mengurangi impor.

"Kita melihat tahun ini pemerintah mendorong eksplorasi ditingkatkan supaya ada giant discovery. IPA akan mendukung pemerintah agar itu terjadi," tutur Ronald.

Chief Operating Officer Medco Energy International ini menambahkan ada beberapa pekerjaan rumah yang perlu dikerjakan bersama untuk menuju giant discovery. Misalnya penyederhanaan perizinan, atau pelaksanaan PP 27/2017 tentang pengembalian biaya operasi dan pajak gross split, perlakuan pajak bumi dan bangunan (PBB) yang wajar pada kegiatan migas.

Optimalisasi fasilitas master-list untuk impor barang penunjang kegiatan migas dan lainnya. Selain itu penyelesaian rancangan undang-undang migas yang baru menjadi sangat kritikal bagi industri migas di Indonesia.

 


(AHL)


Struktur BP Batam Dipastikan Tidak Berubah

Struktur BP Batam Dipastikan Tidak Berubah

34 minutes Ago

Struktur organisasi dari BP Batam dipastikan tidak berubah meski figur pemimpin dalam organisas…

BERITA LAINNYA