Bangun 700 Km Jaringan Gas

PGN Gelontorkan Rp7,5 Triliun

Suci Sedya Utami    •    Jumat, 11 Jan 2019 10:08 WIB
perusahaan gas negara (pgn)
PGN Gelontorkan Rp7,5 Triliun
Ilustrasi (MI/Galih Pradipta)

Jakarta: PT Perusahaan Gas Negara atau PGN (Persero) Tbk akan menggelontorkan investasi sebesar USD500 juta atau setara dengan Rp7 triliun hingga Rp7,5 triliun di sepanjang 2019. Anggaran tersebut nantinya dialokasikan untuk membangun pipa atau jaringan gas di seluruh wilayah di Indonesia.

Direktur Utama PGN Gigih Prakoso mengatakan nilai investasi tersebut naik dibandingkan dengan realisasi investasi PGN hingga akhir 2018. Namun sayangya, Gigih tidak menyebutkan secara rinci seberapa banyak serapan investasi tahun lalu.

"Anggaran investasinya USD500 jutaan, ada kenaikan 10 persen dari realisasi 2018," kata Gigih, ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Kamis malam, 10 Januari 2018. Dana yang nantinya untuk membangun jaringan gas itu direncanakan membangun sekitar 700 kilometer pipa jaringan gas.

Mantan Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko (PIMR) Pertamina ini menjelaskan dengan integrasi PGN dan Pertamina Gas atau Pertagas dalam sebuah Holding Migas membuat panjang infrastruktur gas saat ini menjadi sekitar 9.677 km.

Saat ini, PGN memiliki pipa gas sepanjang 7.454 kilometer (km). Sementara Pertagas memiliki pipa sepanjang 2.223 km. "Mungkin bertambah sekitar 700 kilometer tahun ini," tutur dia, seraya menambahkan bahwa pipa yang akan dibangun yakni untuk pipa transmisi dan pipa dstribusi guna mengaliri gas hingga ke tingkat konsumen.


(ABD)


Menperin Sampaikan Kesiapan Revolusi Industri 4.0 di Swiss
World Economic Forum 2019

Menperin Sampaikan Kesiapan Revolusi Industri 4.0 di Swiss

6 hours Ago

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga menegaskan Indonesia siap menyongsong era revolusi i…

BERITA LAINNYA