Perbaikan Listrik Sulteng Hampir 90%

Surya Perkasa    •    Rabu, 10 Oct 2018 07:16 WIB
listrikpembangkit listriktarif listrikGempa Donggala
Perbaikan Listrik Sulteng Hampir 90%
Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto: Kementerian BUMN)

Palu: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Somearno mendatangi Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), untuk memantau pemulihan layanan bagi masyarakat. Dalam kunjungannya, Rini menyebut, perbaikan listrik di Palu, Sigi, dan Donggala hampir 90 persen pulih.

"Listrik saya lihat sudah mencapai 80 bahkan 90 persen (sudah mulai mengalami perbaikan)," kata Menteri BUMN Rini Soemarno, di Palu, Sulteng, Selasa malam, 9 Oktober 2018.

Rini mengakui perbaikan jaringan di wilayah terdampak gempa pada 28 September 2018 memakan waktu karena luasnya wilayah terdampak. Setidaknya, ada tujuh gardu listrik yang harus diperbaiki. Tidak hanya, itu, banyak jaringan yang juga terputus akibat gempa dan tsunami.

Selain itu, lanjut Rini, banyak keluarga petugas dan teknisi PT Perusahan Listrik Negara (PLN) (Persero) yang menjadi korban. PLN harus mengirimkan ribuan teknisi untuk membantu pemulihan listrik di Sulteng.

"Kita mendatangkan hampir 1.400 dari seluruh Indonesia," kata Rini.

Rini menyebut banyak teknisi yang diperbantukan demi pemulihan layanan energi lain di Sulteng. Namun demikian, Rini memastikan, distribusi bahan bakar minyak dan elpiji sudah pulih. Sebanyak 33 SPBU di tiga wilayah terdampak sudah beroperasi normal. Sementara distribusi elpiji juga sudah berjalan hingga tingkat kecamatan.


(ABD)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

2 days Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA