PLN Hemat Rp11,46 Miliar Selesaikan Jalur Transmisi dan GI 150 kV

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 23 Sep 2016 19:17 WIB
pln
PLN Hemat Rp11,46 Miliar Selesaikan Jalur Transmisi dan GI 150 kV
Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basir. (FOTO: MTVN/Annisa Ayu Artanti)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT PLN (Persero) mengungkapkan ada penghematan sebesar Rp11,46 miliar per bulan setelah menyelesaikan jalur transmisi dan Gardu Induk (GI) 150 kiloVolt (kV) interkoneksi Batam-Bintan yang merupakan salah satu proyek program 35.000 megawatt (mw).

Direktur Utama PLN Sofyan Basir mengatakan, penghematan itu dihitung dengan beban saat ini sebesar 34 mw. Di mana nanti secara bertahap penggunaan PLTD dan PLTMG sewa di Pulau Bintan akan diganti pasokannya dengan menggunakan sistem interkoneksi ini.

"Dengan beroperasinya jalur transmisi dan GI 150 kV interkoneksi Batam-Bintan, maka PLN dapat melakukan efisiensi biaya yang cukup siginifikan dengan menghemat sekitar Rp11,46 miliar per bulan," kata Sofyan dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Jumat (23/9/20116).

Sofyan menambahkan, jika keseluruhan sistem telah beralih ke jaringan interkoneksi maka penghematan biaya operasional yang dilakukan perusahaan pelat merah ini akan bertambah menjadi Rp24,7 miliar.

"Penghematan biaya operasionalnya dapat mencapai sekitar Rp24,7 miliar per bulan," imbuh Sofyan.

Penghematan tersebut ternyata juga didukung dengan kapasitas interkoneksi Batam-Bintan yang cukup besar hingga mencapai 180 mw. Selain itu, dengan adanya jaringan interkoneksi ini, PLN dapat menambah sekitar 2.422 pelanggan yang telah masuk daftar tunggu penyambungan baru. PLN juga membuka lebar kesempatan bagi industri yang hendak beralih dari yang sebelumnya adalah pelanggan pembangkit sewa menjadi pelanggan PLN.

Sekadar informasi, saat ini sistem kelistrikan Pulau Bintan sudah mengunakan sistem interkoneksi Batam-Bintan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV selain Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) 20 kV mulai dari Tanjung Uban hingga kota Tanjung Pinang.

Daya terpasang di Pulau Bintan saat ini adalah sebesar 115,3 mw yang berasal dari sistem Tanjung Uban, PLTD Suka Berenang, PLTD Air Raja, PLTU Galang Batang, PLTMG CNG Tokojo, PLTMG Dompak dengan total daya mampu sebesar 75,2 mw. Adapun beban puncak Pulau Bintan saat ini adalah 65,1 mw, dengan adanya sistem interkoneksi Batam-Bintan, daya mampu di Bintan meningkat sebesar 180 mw.


(AHL)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA