PLN Jamin Pasokan Daya Jawa-Bali Terpenuhi di 2018

Amaluddin    •    Rabu, 21 Sep 2016 21:04 WIB
pln
PLN Jamin Pasokan Daya Jawa-Bali Terpenuhi di 2018
Ilustrasi. (FOTO: MI/Panca Syurkani)

Metrotvnews.com, Surabaya: PT PLN (Persero) Regional Jawa Timur dan Bali mempercepat pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Grati Ekstensi yang berada di Kabupaten Pasuruan. Hal itu dilakukan untuk menjamin ketersediaan pasokan daya pada 2018.

Direktur Bisnis PLN Regional Jawa dan Bali Amin Subekti mengatakan manfaat pembangunan PLTGU Grati Ekstensi Peaker 450 megawatt (mw) ini nantinya akan mendukung pemenuhan kebutuhan beban puncak system interkoneksi 500 kV Jawa Bali yang mendukung keandalan sistem Jawa Bali.

"Energi listrik yang dapat dihasilkan per tahun sekitar 821 juta kWh dengan beroperasi selama lima jam saat beban puncak," kata Amin, di Surabaya, Rabu (21/9/2016).

Dengan adanya PLTGU Grati ini, menurut Amin, maka penyambungan daya terhadap rumah tangga dapat meningkat. Sehingga rasio elektrifikasi pun bakal naik, mengingat target untuk Jawa Timur di 2016 sebesar 90 persen.

"Adanya PLTGU ini diharapkan rasio elektrifikasi bisa mencapai 99,9 persen pada 2020," katanya.

Menurut Amin, listrik yang nanti dihasilkan dari PLTGU Grati ini berfungsi sebagai pemikul beban puncak (peaker) pada sistem kelistrikan Jawa Bali. PLTGU Grati saat ini terdiri dari dua blok yang mendapatkan suplai gas dari Santos melalui sumur Oyong dan Wortel.

Suplai gas ini sanggup memasok tiga gas turbin (combined cycle) blok 1 masing-masing sebesar 100 mw. Sedangkan blok 2 (open cycle) berfungsi sebagai pemikul beban puncak (peaker). "Proyek ini dijadwalkan selesai pada 2018," pungkasnya.


(AHL)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA