BNI Sokong Distribusi Subsidi Elpiji 3 Kg

Annisa ayu artanti    •    Rabu, 21 Sep 2016 11:27 WIB
elpiji 3 kg
BNI Sokong Distribusi Subsidi Elpiji 3 Kg
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bekerja sama dengan perbankan nasional melakukan uji coba distribusi tertutup elpiji tabung 3 kilogram (kg).

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM menyatakan salah satu perbankan nasional yang ikut mendukung subsidi distribusi tertutup di Tarakan, Kalimantan Utara adalah PT Bank Negara Indonesia (BNI).

Pemerintah berencana melakukan distribusi tertutup elpiji 3 kg secara bertahap, setelah melakukan evaluasi terhadap uji coba yang dilakukan di Tarakan. Di kota tersebut, uji coba didukung oleh BNI yang menyediakan kartu nontunai dan mesin EDC secara gratis.

"Kesiapan bank semuanya positif dari diskusi yang dilakukan semuanya positif. Karena Indonesia sangat luas lagi jadi untuk keseluruhan dilakukan secara bertahap," kata Wirat seperti yang dikutip dalam laman Ditjen Migas, di Jakarta, Rabu (21/9/2016).

Wirat menjelskan, perbankan yang akan dipilih harus memiliki infrastruktur paling lengkap. Jadi setiap masyarakat yang membeli elpiji 3 kg tidak melakukan pembayaran melalui uang tunai. Mereka akan membelinya menggunakan e-money berbentuk kartu.

"Kita akan mulai dari berbagai daerah yang sudah siap infrastruktur non-cash, jadi banknya ada di situ. Setiap masyarakat tidak lagi membeli dengan cash, mereka harus pakai non-cash yang pakai kartu," jelas Wirat.

Corporate Relations Manager Kantor Pusat BNI Hardi Nurdi mengatakan masyarakat yang mendapat kartu harus punya rekening di bank. Pembuatan rekening akan diberikan gratis.

"Masyarakat yang mendapat kartu harus punya rekening bank dan itu kami bikinkan secara gratis. Tidak ada biaya bulanan maupun administrasi. Kalau kartu hilang atau rusak, baru nanti dikenakan biaya untuk kartu baru," papar Hardi Nurdi.


(AHL)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA