BBM Satu Harga, AKR Corporindo Bangun SPBU Khusus Kedua di Kalbar

Dian Ihsan Siregar    •    Jumat, 10 Nov 2017 20:18 WIB
akr corpindobbm satu harga
BBM Satu Harga, AKR Corporindo Bangun SPBU Khusus Kedua di Kalbar
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Jakarta: Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) belum lama ini telah meresmikan stasiun pengisian bahan bakar khusus bersubsidi (SPBKB) PT AKR Corporindo Tbk (AKR) Ledo, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat sebagai Lembaga Penyalur BBM Satu Harga.

Untuk menyukseskan BBM harga satu harga, kini AKR Corporindo kembali merealisasikan  pembangunan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (SPBKB) di Kelurahan Senyabang, Kecamatan Batang Tarang, Kabupaten Sanggau, kalimantan Barat.

SPBKB Sanggau ini menjadi titik ke-29 Program Bahan Bakar Minyak (BBM) Satu Harga yang dicanangkan pemerintah. Program ini bertujuan agar harga BBM yang sama dapat dinikmati masyarakat di seluruh Indonesia, khususnya di kawasan timur dan daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar).

"Program BBM Satu Harga ini adalah sebuah keniscayaan yang harus diwujudkan atas nama keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," kata Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), M Ibnu Fajar, dalam keterangan yang diterima media, Jumat 10 November 2017.

Seketaris Ditjen Migas Susyanto menambahkan, melalui program BBM Satu Harga, pemerintah bersama PT Pertamina (Persero) dan AKR berkomitmen untuk terus menambah jumlah lembaga penyalur di seluruh Indonesia. Hingga 2018, AKR rencananya akan membangun tujuh lembaga penyalur BBM Satu Harga, yaitu lima di Kalimantan dan dua di Lampung.

Untuk wilayah Kalimantan, setelah Sanggau, lembaga penyalur BBM akan didirikan di Bengkayang, Landak, Ketapang, Sintang dan Melawi. Sedangkan untuk wilayah Lampung, SPBKB akan dibangun di Kabupaten Lampung Barat dan Pesisir Barat.

"Ini merupakan salah satu agenda prioritas pemerintahan Jokowi-JK yang termasuk dalam Nawacita yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan," jelas Susyanto.

Sementara, anggota Komisi VII DPR Katherine A Oendoen berharap, dengan beroperasinya lembaga penyalur BBM Satu Harga ini perekonomian warga di sekitar Kecamatan Batang Tarang dapat terangkat.

"Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada PT. AKR Corporindo Tbk yang telah menyumbang dua outlet dari empat outlet BBM Satu Harga dan saya mengucapkan terima kasih kepada Dirjen Migas dan BPH Migas, karena dengan peresmian penyalur ini, kini masyarakat di sekitar Batang Tarang, dapat menikmati keadilan dalam bidang energi, yaitu BBM satu harga," tutup Katherine.


(AHL)