Tarif Listrik dan Elpiji 3 Kg Dipastikan Tidak Naik

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 21 Jun 2017 13:32 WIB
listrikelpiji 3 kgtarif listriksubsidi listrik
Tarif Listrik dan Elpiji 3 Kg Dipastikan Tidak Naik
Menteri ESDM Ignasius Jonan (kiri) (Foto: MTVN/Eko Nordiansyah)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan tidak akan ada kenaikan Tarif Tenaga Listrik (TTL) untuk periode 1 Juli hingga 31 Desember 2017. Keputusan ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Jadi tarif listrik per 1 Juli sampai 31 Desember itu tidak ada yang naik, tetap seperti sekarang. Bahkan kalau bisa itu kita coba meminta PLN untuk melakukan efisiensi," kata Menteri ESDM Ignasius Jonan, di Kementerian ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu 21 Juni 2017.

Dirinya menambahkan, tidak adanya kenaikan TTL juga berlaku untuk semua golongan termasuk penyesuaian golongan 900 VA. Sementera efisiensi yang dilakukan mengingat adanya penurunan harga energi primer untuk produksi listrik.



"Di samping prediksi kita kalau ada penurunan harga dari energi primer seperti batu bara atau gas, mungkin saya kira tarif listriknya bisa menurun. Tapi paling kurang Juli-Desember tidak ada yang naik lagi, termasuk penyesuaian tarif yang 900 VA," jelas dia.

Baca: Pemerintah Tegaskan Tarif Listrik tak Naik

Selain listrik, lanjutnya, pemerintah juga menetapkan tidak akan menaikkan harga untuk elpiji tiga kg mulai 1 Juli sampai dengan 30 September. Dengan demikian, pemerintah berharap agar masyarakat bisa mendapatkan elpiji sesuai dengan harga eceran yang ditetapkan pemerintah.


Ilustrasi (FOTO ANTARA/Rosa Panggabean)

"Saya mengimbau untuk supaya harga ecerannya kepada pelanggan itu tidak dijual seenaknya. Kan sekarang harganya tiga dikali Rp4.500 itu sekira Rp13.500. Kalau mau ambil untung dikit boleh lah, yang kita imbau jangan ambil untung sebanyak-banyaknya," jelas dia.

Baca: Lebaran, Konsumsi Listrik di Jakarta Menurun

Sementara untuk harga Bahan Bakar Minyak (BBM), Jonan belum bisa memastikan apakah akan ada penyesuaian. Nantinya Presiden Jokowi akan mengumumkan langsung terkait harga BBM yang akan diberlakukan untuk tiga bulan ke depan.

 


(ABD)