Pertamina Kurangi Kuota Gas Bersubsidi di Bengkalis

   •    Rabu, 19 Apr 2017 16:41 WIB
elpiji 3 kg
Pertamina Kurangi Kuota Gas Bersubsidi di Bengkalis
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Aloysius)

Metrotvnews.com, Bengkalis: PT Pertamina (Persero) mengurangi kuota gas bersubsidi ke setiap pangkalan di Bengkalis, Provinsi Riau, sehingga sejak sebulan terakhir terjadi kelangkaan elpiji tiga kilogram (kg).

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperind) melalui Kabid Pengembangan dan Perdagangan Bengkalis, Burhanuddin menyebutkan bahwa sejak beberapa pekan terakhir terjadi pengurangan kuota gas oleh pertamina hingga 50 persen dari biasanya.

"Pangkalan elpiji yang biasanya mendapatkan 12.000 tabung per bulan, kini hanya dibolehkan 5.000 hingga 6.000 tabung," kata Burhanuddin, di Bengkalis, seperti dikutip dari Antara, Rabu 19 April 2017.

Menurut dia, agar pangkalan bisa mendapatkan kuota sebelumnya sebanyak 12.000 tabung, maka agen bisa membuka pangkalan baru guna memenuhi kebutuhan gas di daerah itu.

Selain pengurangan kuota dari Pertamina, kelangkaan juga terjadi karena banyaknya pelaku usaha kecil menengah yang banyak menggunakan gas ini.

"Kami sudah mengusulkan penambahan kuota untuk 2017, namun masih menunggu, dan untuk kelangkaan yang terjadi, kami juga mengimbau kepada warga mampu untuk tidak menggunakan gas ini," ujarnya.

Pihaknya akan mengrimkan surat edaran ke setiap instansi pemerintah supaya pegawai negeri sipil tidak menggunakan elpiji bersubsidi.

"Memang masih banyak para ibu rumah tangga yang berprofesi sebagai PNS menggunakan gas tiga kilogram ini. Mereka beralasan gas dalam tabung 12 kg berat. Kini Pertamina mengeluarkan tabung gas 5,5 kg ini," pungkasnya.


(AHL)

Kebijakan HET Diyakini Efektif Cegah Gejolak Harga

Kebijakan HET Diyakini Efektif Cegah Gejolak Harga

11 hours Ago

Penerapan kebijakan HET yang dikeluarkan Kemendag dinilai akan menjadi panduan konsumen dalam m…

BERITA LAINNYA