ESDM Siapkan Skema Penentuan Margin Gas di Hilir untuk Tekan Harga Gas

Gervin Nathaniel Purba    •    Senin, 19 Sep 2016 23:32 WIB
gas
ESDM Siapkan Skema Penentuan Margin Gas di Hilir untuk Tekan Harga Gas
Illustrasi. MTVN/Annisa Ayu Artanti.

Metrotvnews.com, Jakarta: Harga gas industri yang ideal hingga saat ini masih belum menemui titik terang. Pemerintah diminta untuk menetapkan harga gas dalam negeri yang pas dalam waktu secepat mungkin.

Terkait hal ini, Direktur Jenderal (Dirjen) Minyak dan Gas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) IGN Wiratmaja Puja mengatakan pihaknya akan menerapkan regulated margin di hilir untuk menekan tingginya harga gas.

"Regulated margin merupakan kewenangan pemerintah dalam menentukan besaran keuntungan penjualan gas," ujar Wiratmaja di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (19/9/2016).

Berdasarkan penjelasannya, regulated margin disesuaikan dengan jarak pipa penyalur dengan volumenya.  Jika ada pipa yang hanya berjarak dua kilometer (km), maka tidak mungkin jika harga gas mencapai USD3 sampai USD4 per MMBTU.

"Jadi marginnya teregulasi, sama seperti transmisi, yang sudah diregulasi itu kan transimis distribusinya belum. Kalau hulu cost structure sedang di bahas mana yang bisa kita efisiensikan," paparnya.

Ia mengklaim harga gas di sektor hulunya harus sudah sampai USD2 per MMBTU. Sehingga, harga gas industri diharapkan bisa turun dari harga saat ini yang berada diatas USD10 per MMBTU.

"Jadi kalau dihulunya kita lihat mana yang bisa diefisiensikan. Sedang kita lakukan. Cost structure di hulu sedang kita lihat lagi mana yang bisa diefisiensikan. Begitu juga di hilir. Kita harap semua bisa diefisiensikan. Di hulu cost structure nya kita lihat. Yang hilir kita terapkan regulated margin," jelasnya.

Namun demikian, ia masih enggan memastikan harga gas USD4 per MMBTU meskipun sudah ada skema tersebut.

"(Menuju USD4 per MMBTU) lagi dibahas," tuturnya.


(SAW)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA