Senin, Luhut Serah Terima Jabatan Kursi ESDM ke Jonan

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 14 Oct 2016 14:02 WIB
kementerian esdm
Senin, Luhut Serah Terima Jabatan Kursi ESDM ke Jonan
Ignasius Jonan ditunjuk menjadi Menteri ESDM dan Arcandra Tahar menjadi Wamen ESDM. (FOTO: MetroTV)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ignasius Jonan ditunjuk sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Arcandra Tahar menjadi pendamping sebagai Wakil Menteri.

Kursi menteri ESDM sempat kosong setelah Arcandra dicopot secara hormat dari posisinya karena kasus dwikewarganegaraan. Selama 59 hari jabatan menteri dirangkap oleh Luhut Binsar Pandjaitan yang juga Menteri Koordinator bidang Kemaritiman.

Baca: Jonan Jadi Menteri ESDM, Arcandra Wakil

Pantauan Metrotvnews.com di Kantor Kementerian ESDM, belum ada persiapan yang begitu berarti untuk menyambut negeri baru. Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Teguh Pamudji mengungkapkan serah terima jabatan akan dilakukan pada Senin 17 Oktober 2016.

"Kami akan menghadiri pelantikan Menteri ESDM dan Wamen ESDM. Senin dijadwalkan serah terima jabatan," kata Teguh sebelum berangkat ke Istana Presiden, Jakarta, Jumat (14/10/2016).




Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk keduanya untuk memenuhi janjinya. Kursi menteri merupakan posisi strategis yang akan diisi kalangan profesional, bukan partai.

Ignasius Jonan sebelumnya menduduki jabatan Menteri Perhubungan. Jonan, sapaan akrab pria tersebut, juga pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Jokowi tetap memberi amanah Wakil Menteri kepada Arcandra Tahar. Arcandra menjadi sosok kesayangan Jokowi. Ia diyakini sebagai orang yang paham di dunia migas.


(AHL)