Pekan Depan Pemerintah Lelang 3 Blok Migas Terminasi

Suci Sedya Utami    •    Jumat, 10 Aug 2018 18:41 WIB
migas
Pekan Depan Pemerintah Lelang 3 Blok Migas Terminasi
Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar (Foto: Medcom.id/Suci Sedya Utami)

Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana melelang tiga wilayah kerja atau blok minyak dan gas (migas) terminasi. Adapun ketiga blok tersebut yakni Makassar Strait, South Jambi, dan Selat Panjang.

"Makassar Strait dilelang minggu depan. South Jambi dan Selat Panjang juga minggu depan," kata Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar, di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Jumat, 10 Agustus 2018.

Arcandra mengatakan Blok Makassar Strait nantinya terpisah dari Blok Rapak dan Blok Ganal yang tergabung dalam proyek Ultra Laut Dalam (Indonesia Deepwater Development/IDD). Blok ini dilelang karena Chevron Pacific Indonesia menyatakan tidak akan melanjutkan kontrak pada 2020 dengan alasan tidak ekonomis ketika terpisah dari IDD.

PT Pertamina (Persero) dan juga Sinope yang menjadi kontraktor existing di blok tersebut juga tidak berminat melanjutkan pengelolaan. Sementara untuk Blok South Jambi dilelang karena PetroChina yang seharusnya akan menjadi pengelola blok tersebut menyatakan mundur setelah kontraknya berakhir di 2020.

Sedangkan Blok Selat Panjang dilelang karena akan berakhir masa kontraknya pada 2021 di mana perusahaan existing yang mengelola blok tersebut yakni Petroselat mengalami kebangkrutan.

 


(ABD)


Perpres DNI Rampung Pekan Depan

Perpres DNI Rampung Pekan Depan

1 week Ago

Pemerintah mempercepat penyelesaian rancangan per-aturan presiden (Perpres) mengenai Daftar Neg…

BERITA LAINNYA