Investasi di Sektor Migas tak Terpengaruh Isu Capres-Cawapres

Suci Sedya Utami    •    Jumat, 10 Aug 2018 16:48 WIB
migas
Investasi di Sektor Migas tak Terpengaruh Isu Capres-Cawapres
Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar (Foto: Medcom.id/Suci Sedya Utami)

Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menilai babak baru Pilpres 2019 dengan menghadirkan dua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yakni Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno sejauh ini tidak berpengaruh signifikan bagi dunia usaha di sektor minyak dan gas (migas).

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar mengaku hingga dua nama pasangan calon tersebut diumumkan ke publik dirinya belum menerima laporan adanya kecemasan dalam diri investor untuk berinvestasi di sektor tersebut.

"Enggak ada laporan yang masuk ke saya sejauh ini," kata Arcandra, di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Jumat, 10 Agustus 2018.

Arcandra menjelaskan bahwa saat ini pemerintah telah memberikan banyak kepastian bagi para investor untuk tetap menjalankan usahanya di Indonesia. Dia menyebutkan tahun ini pemerintah telah membentuk Tim 22 yang bekerja untuk mengevaluasi dan menyelesaikan permasalahan blok yang masa kontraknya akan habis.



Lebih lanjut, ia bilang, sejak April Tim 22 telah menyelesaikan sebanyak delapan blok terminasi yang masa berlaku kontraknya akan habis di 2018. Kemudian di Mei, ada sebanyak enam blok yang habis masa kontraknya di 2019 dan telah ditangani.

Berlanjut ke Juni, ada lima blok yang habis kontraknya di 2020 dan telah diselesaikan kontrak selanjutnya. Kemudian di Juli, ada dua blok yang berakhir masa kontraknya di 2021 termasuk Blok Rokan yang juga telah diselesaikan kontrak selanjutnya.

"Agustus InsyaAllah ada empat blok yang akan berakhir di 2022, September ada tiga blok yang akan habis di 2023, dan akan kita tangani. Jadi apa yang sudah kita putuskan dan kontrak sudah ditandatangani kan berarti sudah ada kepastian," pungkas Arcandra.

 


(ABD)


Qatar Janjikan Investasi USD15 Miliar di Turki
Di Tengah Krisis

Qatar Janjikan Investasi USD15 Miliar di Turki

8 hours Ago

Pejabat Turki mengatakan Qatar telah menjanjikan investasi senilai USD15 miliar berupa investas…

BERITA LAINNYA