Dari Mana Anggaran PLN untuk Menerangi Puluhan Ribu Pelosok Desa?

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 16 May 2017 10:54 WIB
pln
Dari Mana Anggaran PLN untuk Menerangi Puluhan Ribu Pelosok Desa?
Ilustrasi. (ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT PLN (Persero) mengejar target untuk menerangi puluhan ribu desa yang ada di pelosok-pelosok utamanya di daerah timur Indonesia.

Dalam rangka menerangi pelosok desa, pertumbuhan investasi yang dibutuhkan bisa dibilang sangat besar mencapai ratusan persen. Lantas, dari mana sumber anggaran untuk program tersebut ?

Direktur Perencanaan Korporat PLN Nicke Widyawati mengatakan anggaran untuk program tersebut salah satunya berasal dari pengalihan subsidi tepat sasaran dari golongan rumah tangga 900 Volt Ampere (VA).




Nicke menjelaskan, untuk rumah tangga yang pendapatannya di atas 40 persen rata-rata, maka subsidinya dicabut atau dengan kata lain membayar dengan harga normal. Artinya jumlah penerima subsidi menjadi berkurang.

"Penurunan subsidi itu yang dananya kita gunakan untuk ini, jadi listrik berkeadilan," kata Nicke dalam bincang dengan media di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Senin 15 Mei 2017.

Nicke menjelaskan, subsidi tepat sasaran artinya anggaran subsidi setiap tahun dikurangi, maka selisihnya digunakan untuk program menerangi desa-desa. Tahun ini saja, ada penghematan anggaran subsidi Rp22 triliun. Tahun berikutnya, lanjut Nicke, ditaksir akan lebih besar lagi penghematannya.

"Jadi subsidi yang tadinya dinikmati oleh yang punya penghasilan cukup, kita gunakan untuk yang masih gelap gulita. Jadi ini program kita. Ini satu pasang sebetulnya, subsidi tepat sasaran dan listrik berkeadilan," jelas Nicke.

 


(AHL)