Belum Tutup Tahun, PNBP Minerba Lampaui Target

Suci Sedya Utami    •    Jumat, 02 Nov 2018 17:58 WIB
minerbakementerian esdmpenerimaan negara bukan pajak
Belum Tutup Tahun, PNBP Minerba Lampaui Target
Ilustrasi. (FOTO: AFP)

Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat penerimaan negara bukan pajak (PNBP) sektor minerba hingga kini telah mencapai Rp40,1 triliun.

Direktur Jenderal Minerba Kementerian ESDM Bambang Gatot Ariyono mengatakan angka tersebut sudah melebihi target PNBP minerba yang ditetapkan. Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018, PNBP dari sektor minerba ditargetkan sebesar Rp32 triliun.

"Sampai November ini PNBP Rp40,1 triliun. Sudah Rp8 triliun lebih dari target," kata Bambang di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Jumat, 2 November 2018.

Hingga akhir tahun, kata Bambang, realisasinya diperkirakan mencapai Rp43 triliun. Lebih tinggi Rp11 triliun dari target yang ditentukan.

Namun demikian, lanjut Bambang, capaian tersebut dinilai belum optimal sebab masih ada tunggakan piutang sebesar Rp5 triliun pada tahun-tahun sebelumnya.

Oleh karenanya untuk memaksimalkan PNBP di sektor minerba Kementerian ESDM mengeluarkan aplikasi e-PNBP. Sebuah aplikasi online berbasis web yang mampu menghasilkan perhitungan kewajiban perusahaan secara akurat beserta aplikasi untuk pembayaran dan pelunasan PNBP Minerba. Layanan ini merupakan integrasi dari layanan SIMPONI pada Kementerian Keuangan (Kemenkeu), yang mana pembayaran e-PNBP dapat dibayarkan melalui aplikasi ini.

"Kalau dulu (misalnya) kewajiban bayarnya 2.000 atau 10 ribu dibayar hanya 8.000 tetap diterima. Kalau sekarang kewajibannya 10 ribu harus dibayar 10 ribu. Kalau tidak sistem menolak sehingga ke depannya piutang-piutang itu akan muncul lagi. Jadi Rp5 triliun akan diselesaikan agar ke depannya piutang tidak ada lagi," jelas dia.


(AHL)


Merpati akan Beroperasi Lagi 2019

Merpati akan Beroperasi Lagi 2019

9 hours Ago

PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) yang sejak 1 Februari 2014 berhenti beroperasi akibat k…

BERITA LAINNYA