Pertamina Hemat Rp39,79 Triliun dari Kegiatan Inovasi

Annisa ayu artanti    •    Senin, 12 Mar 2018 13:43 WIB
pertamina
Pertamina Hemat Rp39,79 Triliun dari Kegiatan Inovasi
Direktur Utama Pertamina Elia Massa Manik. (FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu)

Jakarta: PT Pertamina (Persero) mengklaim budaya inovasi yang diterapkan di perusahaan sudah mencatat penghematan yang cukup besar. Pada 2016 tercatat penghematan yang telah diperoleh sebesar Rp26 triliun dan di 2017 mengalani peningkatan mencapai Rp39,79 triliun.

Direktur Utama Pertamina Elia Massa Manik mengatakan di tengah dinamika bisnis migas yang sangat menantang, pekerja Pertamina dituntut lebih kreatif dalam berinovasi dan melakukan perbaikan berkelanjutan dalam kegiatan bisnis sehari-hari.

"Kami terus mendorong penyelesaian masalah pekerjaan dan ide inovasi dengan metode continuous improvement program yang berorientasi pada value creation atau penciptaan nilai tambah agar memberikan manfaat langsung bagi perusahaan," kata Massa dalam acara Annual Pertamina Quality (APQ) di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Senin, 12 Maret 2018.

Massa menuturkan, budaya berbagi pengetahuan di Pertamina yang dikembangkan selama delapan tahun terakhir telah menularkan virus positif di lingkungan Pertamina. Pengetahuan yang berbasis pada pengalaman di lingkungan kerja merupakan asset perusahaan yang memiliki nilai penting dan harus didokumentasikan serta diterapkan di unit bisnis perusahaan sebab bisa menciptakan penghematan.

"Sinergi ini terbukti mampu menciptakan value creation dan aset pengetahuan sebagai competitive advantage perusahaan," jelas dia.

Ia menambahkan, salah satu kegiatan rutin perseroan adalah dengan APQ Awards. APQ Awards terus menghasilkan nilai penghematan yang signifikan bagi perusahaan dari tahun ke tahun. Pada 2016 penciptaan nilai tercatat Rp26 triliun, sementara di 2017 mencapai Rp39,79 triliun.

APQ Awards merupakan kegiatan tahunan yang melibatkan seluruh insan mutu Pertamina dan 12 Kategori penghargaan. Hasil inovasi pekerja Pertamina tidak sekadar diterapkan di lingkungan perusahaan, tetapi juga telah diakui dalam forum inovasi internasional. Beberapa di antaranya hasil inovasi tersebut juga telah mendapatkan hak paten.


(AHL)


Pengalihan Komando BP Batam Disebut Membuat Gaduh

Pengalihan Komando BP Batam Disebut Membuat Gaduh

3 hours Ago

Pengalihan komando Pengelolaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) Batam kepa…

BERITA LAINNYA