Komitmen Kerja Pasti dari Kontrak Migas Tembus Rp23,5 Triliun

Suci Sedya Utami    •    Jumat, 10 Aug 2018 20:36 WIB
migas
Komitmen Kerja Pasti dari Kontrak Migas Tembus Rp23,5 Triliun
Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar (MI/PANCA SYURKANI)

Jakarta: Pemerintah terus berupaya membenahi iklim investasi di sektor migas yang salah satunya adalah dengan membentuk Tim 22 di tahun ini. Adapun Tim 22 bertugas untuk mempercepat investasi atau kontrak baru pada blok-blok terminasi yang kontraknya bakal segera rampung.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengatakan salah satu tugas tim ini adalah memastikan kontraktor yang akan mengambil alih pengelolaan pada blok-blok tersebut memiliki komitmen kerja pasti selama lima tahun pertama kontrak.

Sejak ketentuan tersebut berlaku hingga Juli, tambahnya, komitmen kerja pasti yang berhasil dikumpulkan mencapai USD1,68 miliar atau sekitar Rp23,5 triliun. Adapun komitmen kerja pasti merupakan dana yang berasal dari kontraktor sebagai investasi mereka selama lima tahun yang akan digunakan untuk meningkatkan produksi dan eksplorasi cekungan-cekungan baru.



"Apabila kontraktornya tidak melakukan kegiatan atau rencana kerjanya ya tidak apa-apa, tapi nanti (dana) komitmen tersebut akan masuk ke negara," kata Arcandra, di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Jumat, 10 Agustus 2018.

Sejak dibentuk, lanjut Arcandra, Tim 22 telah mempercepat kepastian kontrak baru berbagai blok yang akan berakhir masa kontraknya. Dia merinci pada April sebanyak delapan blok yang kontraknya berakhir di 2018, pada Mei ada enam blok yang berakhir di 2019, pada Juni lima blok yang berakhir di 2019, dan di Juli ada dua blok yang berakhir di 2021 termasuk Blok Rokan.

"Agustus insyaAllah ada empat blok yang akan dipercepat kepastiannya karena kontraknya habis di 2022 dan September tiga blok yang dipercepat karena akan habis di 2023," tutur Arcandra, seraya menambahkan percepatan lelang dimaksudkan untuk menjaga produksi agar tidak turun. "Ini terobosan," pungkas dia.

 


(ABD)


Qatar Janjikan Investasi USD15 Miliar di Turki
Di Tengah Krisis

Qatar Janjikan Investasi USD15 Miliar di Turki

8 hours Ago

Pejabat Turki mengatakan Qatar telah menjanjikan investasi senilai USD15 miliar berupa investas…

BERITA LAINNYA