Ekonom Purbaya Jadi Gubernur OPEC Indonesia

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 13 Oct 2016 20:50 WIB
opec
Ekonom Purbaya Jadi Gubernur OPEC Indonesia
Purbaya Yudhi Sadewa. MI/SUSANTO (FOTOGRAFER).

Metrotvnews.com, Jakarta: Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Luhut Binsar Pandjaitan membenarkan bahwa ada pergantian Gubernur Organization of The Petroleum Exporting Countries (OPEC) untuk Indonesia.

Posisi Gubernur OPEC tersebut akan diisi oleh Purbaya Yudhi Sadewa. Namun saat dikonfirmasi alasan pergantian posisi itu dan per tanggal berapa posisi tersebut telah tergantikan, Luhut tidak menjawab. 

"Iya sih (Gubernur OPEC Indonesia diganti)," kata Luhut di Kantor Kementerian ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (13/10/2016).

Ia justru mengaku tidak tahu kapan tepatnya posisi Widhyawan Prawiratmaja tersebut diganti.

"Tapi, saya tidak tahu kapan digantinya," ucap Luhut.

Sebelumnya Mantan Menteri ESDM Sudirman Said pada Desember 2015 telah menunjuk Widhyawan menjadi gubernur OPEC. Widhyawan seharusnya menjabat menjadi Gubernur OPEC untuk Indonesia selama dua tahun.

Purbaya pernah menjabat sebagai Direktur PT Danareksa (Persero). Dia merupakan sarjana jurusan Teknik Elektro di Institut Teknologi Bandung (ITB). Gelar doktor dalam bidang ekonomi dia dapatkan dari Purdue University, Indiana, Amerika Serikat (AS).

Purbaya merupakan ekonom yang aktif dipemerintahan. Dia pernah berposisi sebagai staf khusus Menteri Koordinator Bidang Perekonomian pada era Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Di perusahaan pelat merah dia juga merintis karir sebagai Kepala Ekonom Danareksa Research Institute.

Jabatan terakhir Purbaya di pemerintahan adalah sebagai Deputi III Bidang Pengelolaan Isu Strategis Kantor Staf Kepresidenan pada masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo. DIa mundur dari jabatan itu pada tahun lalu. 





(SAW)