Akhir Tahun, Harga Minyak Mentah di Kisaran USD40-USD48/Barel

Dian Ihsan Siregar    •    Selasa, 11 Jul 2017 18:10 WIB
minyak
Akhir Tahun, Harga Minyak Mentah di Kisaran USD40-USD48/Barel
Ilustrasi. Ant/Zabur Karuru.

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Riset PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra memproyeksikan, harga ‎minyak mentah akan berada di kisaran harga USD40 hingga USD48 per barel hingga akhir tahun ini. Tingkat harga itu memperkirakan gejolak minyak yang masih akan terjadi selama beberapa bulan ke depan.

"Sekarang USD44 per barel dalam West Texas Intermediaries (WTI) trennya masih turun dalam jangka pendek. Minyak mentah WTI. Support USD40, jadi USD40-48 per barel sampai akhir tahun," sebut Ariston, ‎ditemui di Sahid Sudirman Center, Jakarta, Selasa 11 Juli 2017.

Harga minyak, menurut Ariston, akan dihantam oleh sentimen kebijakan organisasi negara-negara yang tergabung dalam OPEC.

"Isu hangatnya itu, Rusia tidak mau mengikuti aturan pembatasan produksi yang ada di OPEC," tutur Ariston.

Pembatasan produksi, lanjut dia, sangat memiliki andil yang besar atas terjadinya gejolak harga minyak.

"Produksi AS mulai turun, meski cukup tinggi karena teknologi Shell gas dapat mendorong harga minyak dunia. Kalau ini terus turun bisa bantu harga," papar dia.

Penurunan harga minyak dunia sepanjang tahun ini, lanjut dia, sudah berada di posisi yang sangat lemah. Bayangkan saja, harga hingga tahun lalu mencapai USD53-USD54 per barel, sedangkan sekarang sudah mau bertengger ke posisi USD40 per barel.

"Ini karena waktu itu pembatasan-pembatasan kemungkinan terjadi juga,‎ makanya dia naik terus. Nah ini pembatasan tidak, makanya turun," pungkas Ariston.

Seperti diberitakan sebelumnya, harga minyak mentah dunia mengalami kenaikan moderat pada perdagangan Senin, setelah sebelumnya melemah tajam pada pekan lalu.

Namun demikian, aktivitas pengeboran meningkat di Amerika Serikat (AS) dan ketidakpastian mengenai penurunan produksi Libya dan Nigeria, masih membayangi pergerakan harga minyak.

Reuters melansir, Selasa 11 Juli 2017, harga minyak mentah AS berakhir naik 17 sen atau 0,4 persen menjadi USD44,40 per barel. Sementara minyak mentah Brent juga naik 17 sen atau 0,36 persen menjadi USD46,88 per barel.

OPEC dan beberapa anggota non-OPEC pada Mei setuju untuk membatasi produksi sampai Maret 2018, namun langkah tersebut telah gagal. Beberapa menteri utama OPEC akan bertemu dengan negara non-OPEC Rusia pada 24 Juli di St Petersburg, Rusia, untuk membahas pasokan minyak.


(SAW)