Ke Iran, Arcandra Dapat Sinyal Pertamina Kelola Lapangan Minyak

Annisa ayu artanti    •    Rabu, 09 Aug 2017 11:00 WIB
pertamina
Ke Iran, Arcandra Dapat Sinyal Pertamina Kelola Lapangan Minyak
Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar (MI/ROMMY PUJIANTO)

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengaku telah menangkap sinyal positif yang akan datang dari Iran dalam waktu dekat. Keyakinan itu muncul usai dirinya melakukan pertemuan dengan Pemerintah Iran pada akhir pekan lalu.

Adapun pada pertemuan itu Pemerintah Indonesia memberikan niatan terkait PT Pertamina (Persero) untuk mengelola dua lapangan minyak di Iran yang disambut baik oleh Pemerintah Iran. Empat bulan dari pertemuan tersebut rencananya akan ada keputusan mengenai siapa yang mengelola lapangan tersebut.

"Pertamina dengan dua lapangan Ab-Teymour dan Mansouri dan kita sampaikan kembali lagi niat Pertamina untuk mendapatkan lapangan ini. Insya Allah berita baik," kata Arcandra, di Kantor Kementerian ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa 8 Agustus 2017.

Arcandra menjelaskan, pekan ini kabinet Pemerintahan Iran baru terbentuk. Itu sebabnya, proposal mengenai pengelolaan lapangan tersebut belum diputuskan. "Mereka akan putuskan siapa pemenang dari pengelola blok empat bulan dari sekarang," ucap dia.

Untuk mengelola lapangan tersebut, Pertamina harus bersaing dengan beberapa perusahaan migas dunia lain. Arcandra mengatakan dua perusahaan migas yang menjadi pesaing Pertamina itu adalah Lukoil dari Rusia dan Maersk dari Denmark.

Pertamina Akan Kelola Satu Lapangan Minyak di Iran

Sementara itu, Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam menyebut bahwa pertemuan Arcandra Tahar ke Iran akan membawa berita baik. Namun, Iran hanya akan menyetujui satu lapangan dulu yaitu Mansouri

"Pak Wamen ke sana (ke Iran) berita baik katanya. Iya Mansouri dulu sepertinya," pungkas Syamsu.


(ABD)