Ini Sebagian Hasil Rapat Panja Banggar DPR dengan Pemerintah

Gervin Nathaniel Purba    •    Selasa, 20 Sep 2016 23:32 WIB
berita dpr
Ini Sebagian Hasil Rapat Panja Banggar DPR dengan Pemerintah
Said Abdullah (Foto:Antara/Wahyu Putro)

Metrotvnews.com, Jakarta: Rapat Panja energi antara Badan Anggaran (Banggar) DPR RI bersama pemerintah menghasilkan beberapa keputusan terkait pemberian subsidi energi pada tahun anggaran 2017. Rapat berlangsung sekitar enam jam.

Wakil Ketua Banggar DPR Said Abdullah selaku pemimpin rapat sepakat untuk menyetujui subsidi listrik Rp44,98 triliun dari sebelumnya Rp48,58 triliun. Kemudian, disusul subsidi gas elpiji 3 kilogram (kg) Rp20 triliun dari sebelumnya Rp29,076 triliun.

Selanjutnya, Banggar DPR RI juga menyetujui besaran Pajak Pertambahan Nilai (PPn) minyak tanah dan gas sebesar Rp32,30 triliun dari sebelumnya Rp42,31 miliar.

Namun, untuk target penerimaan pajak dari sektor migas pada tahun anggaran 2017 belum disahkan karena pembahasan di Komisi VII DPR belum lengkap. Alhasil, untuk pembahasan penerimaan sektor migas diskors hingga esok, Rabu (21/9/2016), bebarengan dengan pembahasan defisit dan asumsi makro lainnya.

"Seharusnya ini (penerimaan sektor migas) sudah beres pembahasannya. Semoga Bapak (Kepala SKK Migas) ada keajaiban di Komisi VII, masuk, langsung disetujui," ujar Said, di Gedung Nusantara II, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (20/9/2016).

Pada rapat itu sempat diwarnai penolakan Banggar terhadap usulan subsidi energi terbarukan (EBT) yang diajukan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Rida Mulyana. Hal ini karena banyak anggota Banggar yang gagal paham.

"Terima kasih penjelasannya pak Dirjen, namun kami sangat berat menerima itu," kata Said.


(ROS)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA