Tips Aman dari Bos PLN sebelum Mudik

Annisa ayu artanti    •    Senin, 19 Jun 2017 14:01 WIB
bumnmudik lebaran 2017
Tips Aman dari Bos PLN sebelum Mudik
Direktur Utama PLN Sofyan Basir (Foto: MTVN/Annisa Ayu Artanti)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) mengimbau kepada masyarakat yang akan merencanakan mudik ke kampung halaman untuk mengecek kembali kondisi listrik di rumah sebelum meninggalkannya. Hal itu menjadi penting demi keselamatan sekaligus penghematan.

Hal itu dikatakan Direktur Utama PLN Sofyan Basir lantaran sering terjadi konsleting listrik ketika pemilik rumah sedang pulang kampung. Sofyan mengatakan, tips utama agar rumah aman ketika ditinggal mudik adalah matikan listrik secara menyeluruh.

"Yang pertama, tips mudik untuk masalah listrik. Jangan lupa matikan listrik terlebih menyeluruh. Dalam arti kata, matikan dari MCB-nya," kata Sofyan, saat ditemui dalam program Mudik Bareng BUMN di TMII, Jakarta Timur, Senin 19 Juni 2017.

Sofyan menjelaskan, dengan mematikan listrik secara menyeluruh atau mematikan MCB maka dapat memutus arus listrik ketika terjadi konsleting listrik. "Karena kalau terjadi konslet atau apa dia akan tidak menjalar," ucap dia.

Lalu, lanjutnya, jika tetap ingin membiarkan lampu depan atau lampu lain menyala maka harus tetap dipastikan kondisi lampu dalam keadaan baik. Bahkan, akan lebih baik jika lampu depan menggunakan sensor cahaya yang menyala ketika malam hari saja.

Selain itu, sebelum meninggalkan rumah saat mudik ke kampung halaman, masyarakat diimbau untuk membayar lisrik terlebih dahulu agar terhindar dari sanksi atau pemutusan listrik.


(ABD)