Pemerintah Buka Jalan Perusahaan Teknologi Iran Berinvestasi

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 10 Aug 2017 20:21 WIB
investasi asing
Pemerintah Buka Jalan Perusahaan Teknologi Iran Berinvestasi
Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar. (FOTO: MTVN/Annisa Ayu Artanti)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah membuka jalan perusahaan jalan teknologi asal Iran, Mapna Group untuk berinvestasi di Indonesia.

Hal tersebut dikatakan Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar setelah kunjungannya ke Iran pekan lalu. Mapna minta difasilitasi agar bisa membuka layanan servis di Indonesia.

"Kemudian dia (Mapna) mau membuka layanan servis ke Indonesia. Dia minta difasilitasi untuk membuka service center tersebut," kata Arcandra di Kantor Kementerian ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis 10 Agustus 2017.

Sementara itu, jika Mapna juga berminat untuk menjadi maintenance operation dan penyedia alat-alat untuk kebutuhan pembangkit-pembangkit listrik milik PLN, Arcandra menyebut perlu ada perjanjian dengan PLN. Mapna juga harus mampu bersaing dengan kompetitor lain melalui tender.

"Nah kalau ikut untuk operation maintenance pembangkit-pembangkit PLN di sini. Kalau mau dia mau, dia harus service agreement (dengan PLN). Kita menyarankan compete. Pakai biding proses. Tidak bisa kan tiba-tiba ditunjuk langsung," imbuh dia.

Pertemuan dengan Iran tidak hanya dilakukan oleh Arcandra sendiri. Melainkan bersama dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. Dalam pertemuan tersebut, Luhut mengatakan Indonesia bisa mendapatkan keuntungan jika meningkatkan hubungan ekonomi dengan Iran.

Mapna Group adalah sekelompok perusahaan Iran dibidang pengembangan dan pelaksanaan pembangkit listrik panas bumi dan energi terbarukan, migas, transportasi, serta penyedia peralatan utama manufaktur.


(AHL)