WREC, Cara Gaet Investor Energi Baru Terbarukan

Annisa ayu artanti    •    Selasa, 20 Sep 2016 12:35 WIB
energi terbarukan
WREC, Cara Gaet Investor Energi Baru Terbarukan
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan membuka 15th WREC 2016. (FOTO: MTVN/Annisa Ayu Artanti)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan membuka 15th World Renewable Energy Congress 2016 (15th WREC) yang diadakan mulai 19-23 September 2016 di Jakarta Convention Center (JCC).

WREC merupakan forum pertemuan para ilmuwan, pembuat kebijakan, pakar, pemimpin bisnis dan industri, organisasi masyarakat madani, operator, investor dan lembaga keuangan, organisasi donor internasional yang terlibat dalam upaya global untuk mendorong peningkatan pemanfaatan energi bersih dan terbarukan.

Para peserta kongres juga akan saling berbagi pengetahuan dan inovasi terbaru serta berbagi pengalaman praktik dalam pengembangan dan pemanfaatan energi terbarukan dan upaya efisiensi energi.

Dalam sambutannya Luhut mengatakan, energi baru terbarukan merupakan salah satu tantangan tersendiri bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Indonesia harus melibatkan banyak pihak agar industri energi baru terbarukan berjalan dan memberi dampak pada pertumbuhan ekonomi secara nasional.

"Energi baru terbarukan adalah tantangan karena misi pertumbuhan ekonomi saat ini untuk mereformasi dan melibatkan segala jenis program untuk meningkatkannya. Salah cara adalah dengan energi baru terbarukan," kata Luhut di JCC, Senayan, Jakarta, Selasa (20/9/2016).

Menurut dia, pertumbuhan ekonomi akan bergerak bila ada investor yang menjadi roda dalam pertumbuhan tersebut. Oleh karenanya, ia berharap dengan acara ini bisa menarik minat investor untuk berinvestasi disektor ini. "Pemerintah melihat bahwa investor adalah partner pemerintah," ujar Luhut.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan Kementerian ESDM Rida Mulyana menambahkan, dalam kongres yang menghadirkan pakar-pakar energi terbarukan berbagai topik antara lain, sistem energi matahari, angin, air, laut, panas bumi, nabati, efesiensi dan konversi energi, dapat menjadi daya tarik untuk menggaet investor renewable energy dari berbagai negara.

"Saya berharap adanya acara 15th World Renewable Energy Congress 2016 akan membawa banyak investor ke Indonesia," ujar Rida.


(AHL)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA