Pertamina Pasang 1.000 CNG Konverter

Annisa ayu artanti    •    Sabtu, 17 Sep 2016 10:37 WIB
konverter kit
Pertamina Pasang 1.000 CNG Konverter
Ilustrasi konverter kit. (FOTO: ANTARA)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Pertamina (Persero) melakukan pemasangan CNG konverter sebanyak 1.000 unit untuk kendaraan dinas pemerintah kota dan transportasi publik di Balikpapan. Dengan pemasangan CNG konverter ini, artinya sebagian kendaraan di Balikpapan telah terkonversi dari yang menggunakan minyak menjadi gas sebagai bahan bakar.

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan, sesuai dengan Keputusan Menteri No. 213 Tahun 2016, Pertamina melakukan pengadaan, pendistribusian, dan pemasangan CNG konverter untuk kendaraan dinas pemerintah dan transportasi publik di 2016.

"Distribusi dan pemasangan CNG konverter merupakan bagian dari upaya mempercepat konversi penggunaan BBM ke BBG," kata Wianda dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (17/9/2016).

Wianda menjelaskan, pemasangan CNG konverter di Balikpapan merupakan program lanjutan dari dibangunnya tiga SPBG, satu SPBG mother station di Jalan Ahmad Yani dengan kapasitas 1 MMSCFD dan 2 SPBG daughter station di Jalan Pattimura dan Jalan Iswahyudi dengan kapasitas masing-masing 0,5 MMSCFD. Adapun anggaran yang terserap untuk pembangunan ketiga SPBG ini adalah Rp103,5 miliar.

"Konsep SPBG mother-daughter station semakin mendekatkan energi yang lebih bersih kepada masyarakat karena dapat menyediakan bahan bakar CNG pada daerah-daerah yang jauh dari infrastruktur pipa gas," jelas Wianda.

Kemudian, lanjut Wianda, SPBG di Balikpapan tersebut termasuk 56 SPBG penugasan pemerintah yang dibangun di DKI Jakarta dan 21 kota/kabupaten lainnya.

"Dari 56 SPBG tersebut, 14 SPBG telah beroperasi, 40 SPBG telah dibangun dan akan segera beroperasi, serta dua SPBG sedang dalam pembangunan," tutur dia.

Selain SPBG, infrastruktur gas yang disiapkan di Balikpapan pada 2016 adalah jaringan gas untuk 3.849 sambungan rumah tangga. Alokasi gas yang disiapkan adalah 1,5 MMSCFD yang disuplai dari Chevron Indonesia Company. Anggaran pembangunan jaringan gas rumah tangga di Balikpapan menggunakan APBN 2016 dengan total sekitar Rp52,2 miliar.

Sebagaimana SPBG, jaringan gas rumah tangga juga merupakan penugasan pemerintah kepada Pertamina dengan total 89.232 sambungan rumah tangga. Dari jumlah tersebut, saat ini secara nasional 18.976 sambungan rumah tangga telah beroperasi, 30.407 sambungan rumah tangga segera beroperasi dan tahap perbaikan, serta rencana pembangunan tahun ini adalah 39.849 sambungan rumah tangga.

Selain Balikpapan, wilayah lain di Kalimantan Timur yang telah teraliri jaringan gas rumah tangga adalah Kabupaten Bulungan sebanyak 3.300 sambungan rumah tangga.


(AHL)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA