Pertamina Jamin Pasokan Solar untuk Nelayan Aceh Timur

   •    Kamis, 27 Dec 2018 13:03 WIB
nelayanpertaminasolar subsidi
Pertamina Jamin Pasokan Solar untuk Nelayan Aceh Timur
Ilustrasi (MI/Galih Pradipta)

Banda Aceh: PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) I menjamin pasokan solar untuk nelayan dan kebutuhan masyarakat di wilayah Aceh Timur mencukupi. Langkah itu dilakukan dengan harapan aktivitas para nelayan bisa maksimal untuk memenuhi kebutuhan hidupnnya.

"Kami menjamin pasokan solar untuk nelayan dan masyarakat di Kabupaten Aceh Timur tetap dalam kondisi aman," kata Branch Marketing Manager Aceh Pertamina Awan Raharjo, seperti dikutip dari Antara, di Banda Aceh, Kamis, 27 Desember 2018.

Awan Raharjo menyebutkan di Aceh Timur ada dua Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dengan alokasi baru terserap 70 persen sepanjang Desember 2018. Dengan kondisi ini, ada alokasi yang tersisa sekitar 30 persen. Selain itu, persediaan solar juga masih mencukupi untuk wilayah itu, sehingga nelayan dan masyarakat tidak perlu khawatir terkait persediaan solar.

Menyangkut penyalurannya, Awan menyebutkan kapal nelayan di bawah 30 GT harus tetap ada surat rekomendasi dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) guna mendapatkan solar bersubsidi.

"Tujuannya agar penyaluran solar bersubsidi tepat sasaran. Ini sesuai dengan Perpres 191 Tahun 2014, tetap harus ada surat rekomendasi dari DKP untuk mendapatkan solar bersubsidi," ujar dia.     

Ia menegaskan sesuai Peraturan Presiden tersebut, walaupun kapal di bawah 30 GT, tetapi tidak ada surat rekomendasi, bahan bakar tidak bisa dilayani. Selain itu, Awan Raharjo mengatakan, Pertamina berupaya semaksimal mungkin menyalurkan bahan bakar minyak termasuk solar subsidi kepada masyarakat dengan tepat sasaran.     

"Solar bersubsidi selain untuk kendaraan bermotor, juga diperuntukkan untuk usaha mikro yang bukan pengecer, usaha pertanian, usaha perikanan, transportasi, dan pelayanan umum," pungkasnya.


(ABD)