PLN Upayakan Kebutuhan Listrik di Halteng Tercukupi

   •    Senin, 28 Nov 2016 15:06 WIB
pembangkit listrikpln
PLN Upayakan Kebutuhan Listrik di Halteng Tercukupi
Kantor PLN (FOTO ANTARA/Prasetyo Utomo)

Metrotvnews.com, Ternate: PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) Weda Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng), Maluku Utara (Malut) akan mengupayakan kebutuhan listrik di daerah itu tercukupi dengan adanya dua mesin baru berkapasitas 500 Kva.

Kepala PLN Weda, Risdam menyatakan, selain dua unit mesin dari pemda Halteng maka pihaknya juga telah mendatangkan dua unit mesin kapasitas masing 500 KVA. "Jadi saat ini telah ada empat mesin baru yang akan beroperasi, sehingga keluhan masyarakat segera bisa teratasi," kata Risdam, seperti dikutip dari Antara, di Ternate, Senin (28/11/2016).

Dia menambahkan, dua unit mesin dari Pemda Halteng telah dioperasikan sementara dua unit mesin dari PLN dalam waktu dekat akan dioperasikan sambil menunggu bangunan baru PLN yang kini dikerjakan.

Sedangkan untuk mengatasi krisis listrik di kecamatan Pulau Gebe, Pemda Halteng akan bekerja sama dengan PT Antam. Saat ini masih menunggu penyelesaian, dan dana CSR yang tersisa kurang lebih Rp8 miliar akan dialokasikan seluruhnya untuk perluasan jaringan listrik di Pulau Gebe.

"Ini menjadi tanggung jawab Antam bagi masyarakat lingkar tambang guna mengatasi masalah kebutuhan listrik bagi masyarakat," tuturnya.

Sementara itu, Bupati Halmahera Tengah Al Yasin Ali ketika dihubungi menyatakan, sebenarnya CSR sudah selesai, tapi karena asetnya belum diserahkan ke PLN maka pemda hanya bisa membantu dengan subsidi.

"Jika sudah selesai baru akan dilakukan penyerahan aset, setelah itu baru dilakukan kerja sama antara Antam dengan PLN Wilayah Maluku dan Malut, yang pasti sebelum akhir masa jabatan saya, maka persoalan Halteng terang terus," pungkas bupati.

 


(ABD)