Pertamina Perluas Operasi Pasar Elpiji di Sumut

   •    Jumat, 06 Oct 2017 16:07 WIB
pertaminaelpiji 3 kgelpiji
Pertamina Perluas Operasi Pasar Elpiji di Sumut
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Ampelsa)

Metrotvnews.com, Tapanuli: PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) I memperluas cakupan operasi pasar elpiji tiga kg bersubsidi di Sumut. Langkah itu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan menekan terjadinya kelangkaan gas.

Area Manager Communication and Relations Pertamina MOR I Wilayah Sumatera Bagiian Utara (Sumbagut) Rudi Ariffianto mengatakan, perluasan operasi pasar elpiji tiga kg akan digelar di Labuhan Batu, Tapanuli Utara, dan Humbang Hasundutan.

"Di Humbang Hasundutan akan disalurkan sebanyak 1.120 tabung elpiji tiga kg, Tapanuli Utara sebanyak 1.680 tabung, dan Labuhan Batu 2.240 tabung," katanya, seperti dikutip dari Antara, Jumat 6 Oktober 2017.

Sebelumnya, Pertamina telah menggelar operasi pasar elpiji tiga kg bersubsidi di 14 titik wilayah Medan, Binjai, dan Deli Serdang dengan menyediakan sebanyak 5.040 tabung. Dari hasil operasi pasar tersebut, menurut Rudi, penjualan cenderung normal yang menunjukan kebutuhan masyarakat terhadap elpiji tiga kg terpenuhi melalui operasi pasar.

"Kami gelontorkan 5.040 tabung elpiji tiga kg dan sebanyak 4.243 tabung atau 84 persen di antaranya terjual," tukasnya.

Di samping operasi pasar elpiji tiga kg, Pertamina juga menyediakan bright gas 5,5 kg dan terjual 53 tabung. Adapun total tabung digelontorkan pada operasi pasar pada 4-6 Oktober sebanyak 10.080 tabung elpiji tiga kg.

"Kami berharap dengan adanya penjualan bright gas 5,5 kg dan operasi pasar, kebutuhan rumah tangga akan elpiji dapat terpenuhi dengan baik dan lancar," ungkap Rudi, seraya menambahkan Pertamina hanya menjual elpiji tiga kg di tempat resmi yaitu agen dan pangkalan, yang memasang penanda harga eceran tertinggi (HET).


(ABD)