Investasi USD70 Miliar di Blok Rokan Takkan Bebani Keuangan Pertamina

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 09 Aug 2018 20:57 WIB
pertamina
Investasi USD70 Miliar di Blok Rokan Takkan Bebani Keuangan Pertamina
Pertamina. MI/SAFIR MAKKI.

Jakarta: PT Pertamina (Persero) menawarkan investasi selama 20 tahun di Blok Rokan sebesar USD70 miliar atau sekitar lebih dari Rp1.000 triliun. Meskipun besar nilai tersebut diyakini tidak akan membebani keuangan Pertamina.

Corporate Secretary Pertamina Syahrial Mukhtar mengatakan Pertamina akan mendapatkan keuntungan dari produksi yang dihasilkan blok tersebut yang nantinya akan digunakan sebagai pembiayaan investasi.

"Kalau untuk blok upstream berproduksi enggak ada masalah, dia akan funding dari blok itu sendiri, jadi sudah ada cashflow-nya," kata Syahrial di Pertamina, Jakarta Pusat, Kamis, 9 Agustus 2018.

Oleh karena itu tugas Pertamina saat ini memastikan agar volume produksi di blok tersebut tetap terjaga dengan baik.

Hal senada juga dikatakan oleh Direktur Keuangan Pertamina Arief Budiman. Dia bilang Blok Rokan masih memiliki arus kas positif yang cukup baik sehingga bisa menambah kapasitas pendanaan investasi.

"Karena kan masih ada kas positif karena dia kan sudah berproduksi. Nilai investasi USD70 miliar itu kan selama 20 tahun, bukan sekaligus dikeluarkan di awal," tutur Arief.

Sebelumnya Plt Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan dana tersebut bukan hanya bersumber dari keuangan internal Pertamina.

Nicke mengatakan banyak cara untuk mengumpulkan dana tersebut. Dia menyebutkan perseroan bisa mengeluarkan obligasi, melakukan sekuritisasi aset, melalui pinjaman atau bahkan bermitra dengan pihak lain.

Mantan Direksi PLN ini mengatakan peluang kerjasama pendanaan untuk Blok Rokan terbuka lebar bagi semua pihak yang tertarik.

"Bisa semuanya, investasi bisa dari segala macam, selain dari equity sendiri," jelas Nicke.

Pertamina terpilih untuk mengambil alih pengelolaan Blok Rokan di Riau mulai 2021 hingga 2041. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memilih Pertamina sebagai pemenang adu proposal penawaran karena beberapa alasan termasuk terkait nilai investasi.


(SAW)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

3 days Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA