PLN Fokus Alirkan Listrik di Pandeglang dan Lebak

Ilham wibowo    •    Kamis, 09 Aug 2018 19:41 WIB
pln
PLN Fokus Alirkan Listrik di Pandeglang dan Lebak
PLN. MI/PANCA SYURKANI.

Jakarta: Program listrik masuk desa terus diupayakan Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) hingga menjamah seluruh pelosok negeri. Wilayah Pulau Jawa Bagian Barat pun tercatat kini hanya tinggal Kabupaten Pandeglang dan Lebak Banten.

"Secara umum kelistrikan di Jakarta sudah 100 persen, sementara di Banten hampir 100 persen kecuali Kabupaten Pandeglang dan Lebak," ujar Direktur Bisnis PLN Regional Jawa Bagian Barat Haryanto WS kepada Medcom.id di Silang Monas, Jakarta, Kamis, 9 Agustus 2018.

PLN telah membentuk tim khusus berisi elemen masyarakat serta mahasiswa untuk menginventarisasi wilayah yang masih gelap. Hasilnya, menurut Haryanto, masih ada puluhan ribu pelanggan yang mestinya mendapatkan pasokan listrik negara.

"Ternyata masyarakat yang belum mengunakan listrik itu karena kesulitan membayar penyambungan dan instalasi listrik, itu jumlahnya di Banten sampai 40 ribu pelanggan," paparnya.

Sinergi lintas perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga telah dilakukan dalam pemenuhan solusi bagi masyarakat pedesaan Banten. Diskon 50 persen pemasangan instalasi diberikan guna mempercepat target program kelistrikan nasional hingga 2019 ini.

"Tahap pertama Banten mendapat alokasi 2.600 pelanggaran yang akan kita nyalakan sampai dengan 17 Agustus 2018 nanti. Kita berharap program ini terus bergulir dengan sponsor BUMN yang ada," ungkapnya.

Tak hanya soal biaya instalasi, PLN juga bakal memberikan listrik produksi perusahaan negara pada masyarakat Banten yang alirannya masih menumpang. Sehingga, kata dia, harga yang menjadi beban tarif dasar listrik PLN bisa dirasakan secara adil dan merata.

"Masyarakat Banten khususnya yang selama ini nyalur (numpang aliran listrik) ternyata membayar lebih mahal daripada kalau jadi pelanggan PLN. Kami akan upayakan semua dusun akan masuk pada jaringan PLN sehingga masyarakat bisa langsung ambil. Saya pastikan Regional Jawa Bagian Barat terang sepenuhnya," tandasnya.


(SAW)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

2 days Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA