Penyerapan Biodiesel Dibidik 5,5 juta KL/Tahun

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 23 Sep 2016 13:50 WIB
biofuel
Penyerapan Biodiesel Dibidik 5,5 juta KL/Tahun
Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Rida Mulyana (kanan). (FOTO: MI/MOHAMAD IRFAN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan penyerapan biodiesel akan meningkat. Rencananya, pasca perluasan kewajiban penggunaan biodiesel target penyerapnnya akan menjadi 5,5 juta kiloliter (kl) per tahun.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan Dan Konservasi Energi (EBTKE) Rida Mulyana mengatakan kenaikan penyerapan dipicu oleh upaya Kementerian ESDM untuk mewajibkan bahan bakar minyak (BBM) subsidi atau Public Service Obligation (PSO) dan nonsubsidi (non PSO) menyertakan 20 persen bahan bakar nabati atau B20.

"‎Harapan kita (bisa berlaku November). Itu pun kalau diketok oleh Komite Pengarah. Jadi kan November tinggal dua bulan lagi. Tapi kan disana ada delapan menteri. Ini baru satu menteri (setuju)," kata Rida usai rapat di kantornya, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (23/9/2016).

Dirinya merinci, target penyerapan yang lebih tinggi hingga 5,5 juta kl biodiesel akan bisa dimanfaatkan. Sebanyak tiga juta KL akan digunakan untuk solar PSO, sementara sisanya sebanyak 2,5 juta kl akan diserap oleh solar non PSO.

Sementara untuk tahun ini, lanjut Rida, target penyerapan biodiesel masih sesuai target. Tercatat sampai dengan awal September 2016 ini, penyerapan biodiesel hanya sekira 1,4 juta kl.

"Seingat saya (target tahun ini) enggak ada masalah. Kalau yang berlaku sekarang kan yang disubsidi yang PSO saja. Yang sekarang lagi kita bicarakan adalah PSO dan non PSO juga," pungkasnya.


(AHL)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA