PLN Siap Dukung Infrastruktur untuk Mobil Listrik

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 04 Aug 2017 19:20 WIB
plnmobil listrik
PLN Siap Dukung Infrastruktur untuk Mobil Listrik
Pengunjung menyaksikan mobil listrik jenis "supercar" Lowo Ireng karya tim Molina ITS saat ITS Expo 2016. (FOTO: ANTARA FOTO/Moch Asim)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN memberikan sinyal positif untuk mendukung pengembangan mobil listrik. Pasalnya dengan rencana pemerintah untuk mengembangkan mobil listrik maka konsumsi listrik nasional diprediksi akan meningkatkan.

"Memang kalau kita lihat, salah satu cara mendongkrak demand kebutuhan tenaga listrik adalah penggunaan mobil listrik," ujar Direktur Perencanaan Korporat PLN Syofvi Felienty Roekman di Kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat 4 Agustus 2017.

Dirinya menambahkan, sudah ada pembagian tugas untuk mendukung program nasional tersebut. Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang kelistrikan, PLN akan menyediakan infrastruktur pengisian lisktrinya.

"Beberapa pertemuan sudah mulai di-split PIC-nya masing-masing. Di situ cukup clear bahwa charging menjadi tanggung jawab kita di PLN, dan ini yang kita musti persiapkan kebutuhannya," jelas dia.

Selain mengurangi penggunaan bahan bakar fosil, pengembangan mobil listrik diharapkan dapat mendukung pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT). Dengan begitu Indonesia tidak akan ketergantungan pada satu sumber energi saja di masa mendatang.

"Untuk tenaga surya terdapat tren di negara-negara maju di panel surya sudah dipasang di atap-atap gedung. Tarif tenaga surya juga terbilang lebih kompetitif," kata Anggota Dewan Energi Nasional (DEN), Rinaldy Dalimi.


(AHL)