Pemda Kalsel Perlu Pacu Pembangunan Ketenagalistrikan

   •    Senin, 31 Jul 2017 13:02 WIB
listriktarif listriksubsidi listrik
Pemda Kalsel Perlu Pacu Pembangunan Ketenagalistrikan
Ilustrasi (MI/BAGUS SURYO)

Metrotvnews.com, Banjarmasin: Anggota DPRD Kalimantan Selatan yang tergabung dalam Panitia Khusus Raperda tentang Penyelenggaraan Ketenagalistrikan di provinsi tersebut berpendapat bahwa pemerintah daerah (pemda) setempat harus memacu pembangunan ketenagalistrikan.

"Untuk memacu pembangunan ketenagalistrikan tersebut bisa bekerja sama dengan pihak ketiga atau mengundang swasta dan oleh pemda sendiri," ujar Ketua Panitia Khusus (Pansus) Raperda tentang Penyelenggaraan Ketenagalistrikan di Kalimantan Selatan (Kalsel) Fikri, seperti dikutip dari Antara, Senin 31 Juli 2017.

"Tidak seperti selama ini, terkesan kita masih ketergantungan dengan pemerintah pusat atau Perusahaan Listrik Negara (PLN)," tambahnya, sesudah studi komparasi ke Daerah Khusus Istimewa (DKI) Jakarta pada pekan terakhir Juli 2017.

Mengenai hasil studi komparasi pengelolaan ketenagalistrikan DKI Jakarta, Fikri yang juga anggota Komisi III Bidang Pembangunan dan Infrastruktur DPRD Kalsel menyatakan, mereka jauh lebih maju dari provinsinya yang terdiri atas 13 kabupaten/kota tersebut.

"Kemajuan ketenagalistrikan DKI Jakarta sejak puluhan tahun lalu, dan ketika Gubernurnya Ali Sadlkin, mereka lebih mengintensifkan pembangunan ketenagalistrikan dengan memanfaat Sumber Daya Alam (SDA) yang ada pada provinsi tersebut," tuturnya.

Pembangunan ketenagalistrikan yang semakin intensif pada pemerintah Gubernur Ali Sadiki, karena mereka merasa turut bertanggung jawab sebagai Ibu Kota Negara Republik Indonesia. Oleh sebab itu, DKI Jakarta relatif tidak bermasalah mengenai ketenagalistrikan atau penerangan listrik.

"Selain dari PLN, juga partisipasi swasta/pihak ketiga dalam penyedia daya ketenagalistrikan serta swadaya seperti penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)," pungkasnya.

 


(ABD)