Meski Masih di Bawah Target, Lifting Migas Semester I Capai 90%

Annisa ayu artanti    •    Selasa, 08 Aug 2017 19:06 WIB
migas
Meski Masih di Bawah Target, <i>Lifting</i> Migas Semester I Capai 90%
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat hasil lifting migas semester I-2017 cukup baik dengan capaian di atas 90 persen.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Ego Syahrial menyebutkan capaian semester I-2017 minyak bumi sebanyak 802 ribu bopd mendekati target akhir tahun sebesar 815 ribu bopd. Sementara lifting gas tercatat 1,131 juta boepd dari target akhir tahun sebesar 1,150 juta boepd.

"Lifting target realisasi 90 persen tidak jelek-jelek amat dan masih ada waktu enam bulan ke depan banyak akselerasi yang kita lakukan," kata Ego di Kantor Kementerian ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa 8 Agustus 2017.

Ego menjelaskan, beberapa upaya untuk mengejar realisasi lifting akan dilakukan seperti penerapan teknologi dalam kegiatan produksi, efisiensi waktu dalam pelaksanaan pengeboran dan work over.

Kemudian, percepatan kegiatan eksplorasi, meminimalisir unplanned shutdown, memangkas perizinan, optimalisasi stok minyak untuk di lifting, dan mendorong KKKS untuk menambah investasi.

Selain itu, dari sisi regulasi pemerintah juga telah mengeluarkan revisi Peraturan Presiden Nomor 79 Tahun 2010, Peraturan Menteri tentang PSC gross split, dan Peraturan Presiden tentang perpajakan gross split.

"Memang tidak akan kita rasakan sekarang (regulasi ini), tapi ini long term. Kegiatan eksplorasi disaat industri migas turun, kita bisa melakukan akselarasi," ucap dia.

Sementara itu, untuk realisasi pembangunan pipa gas pada semester I-2017 sebesar 10.425 kilometer (Km) dari target sampai akhir tahun sepanjang 12.597 km. Kemudian untuk pembangunan jaringan gas untuk rumah tangga tercatat masih berjalan dari target akhir tahun 59.809 SR.


(AHL)