2019, Pertamina Siapkan Investasi Hulu Rp45 Triliun

Desi Angriani    •    Rabu, 07 Nov 2018 17:07 WIB
pertamina
2019, Pertamina Siapkan Investasi Hulu Rp45 Triliun
PT Pertamina (Persero). Dok:MI.

Jakarta: PT Pertamina (Persero) menyiapkan dana Rp45 triliun untuk mengurus blok terminasi tahun depan. Nilai investasi tersebut naik dari USD2,3 miliar-USD2,4 miliar pada 2018 menjadi USD2,5 miliar-USD3 miliar pada 2019.

SVP Upstream Strategic Planning, Portofolio and Evaluation Pertamina Hulu Meidawati mengatakan kenaikan investasi didasarkan pada kebutuhan perseroan untuk memaksimalkan produksi dengan melakukan pengeboran.

"Harus minta persetujuan Kementerian BUMN, sebesar USD2,5 miliar-USD3 miliar. Begini, investasi itu tergantung dari target yang kita capai. (Investasi naik karena) kegiatan kita nambah ya, kan produknya nambah tuh," ucapnya saat ditemui di The Club Jakarta Theater, Jakarta, Rabu, 7 November 2018.

Kegiatan pengeboran tersebut, katanya akan difokuskan pada blok-blok yang masa kontraknya sudah habis. Sedikitnya, ada delapan blok terminasi yang diserahkan oleh Kementerian ESDM. Namun, nilai investasinya belum termasuk biaya akuisisi blok lain.

"Akuisisi masih kita evaluasilah. Ada juga untuk akuisisi tapi enggak banyaklah," ujar dia.

Hingga 30 September 2018, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mencatat investasi hulu migas baru mencapai USD7,9 miliar atau 56 persen dari target sebesar USD14,2 miliar. Investasi ini diperkirakan hanya mencapai USD11,2 miliar atau 79 persen dari target pada akhir tahun.


(SAW)


Merpati dalam Cangkang

Merpati dalam Cangkang

22 hours Ago

NASIB maskapai penerbangan PT Merpati Nusantara Airlines (persero) bak burung dalam sangkar.

BERITA LAINNYA