Pemerintah Targetkan Program Terangi 2.519 Desa Selesai Tahun Ini

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 08 Feb 2018 20:05 WIB
pameran kelistrikan
Pemerintah Targetkan Program Terangi 2.519 Desa Selesai Tahun Ini
Listrik (ANT/Rivan Awal Lingga).

Makassar: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan program menerangi 2519 desa yang termasuk dalam 3T (Terluar, Terdepan, Tertinggal) selesai tahun ini.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Rida Mulyana menjelaskan program menerangi terus berjalan dan menyisakan 1.500 desa lagi yang belum terlistriki.

"2017 itu sekitar hampir 1.000 desa. Sisanya tahun ini disapu," ujar Rida saat ditemui di Makassar, Kamis, 8 Februari 2018.

Ia menjelaskan, untuk menerangi 2.519 desa tersebut pemerintah membagikan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) ke daerah-daerah terisolir. Pemerintah juga mengadakan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS).

Meski demikian, Rida mengaku, dalam menjalankan program tersebut tidak semulus yang dibayangkan. Selain daerah tersebut adalah wilayah 3T, data penerima LTSHE selalu berubah-ubah. Seperti di pedalaman Papua, Rida menyebut masyarakat disana banyak yang masih hidup nomaden. Hal itu membuat data dari pemerintah daerah selalu berubah-ubah.

"Karena banyak masalahnya kan data ini. Bupati di Papua itu mengakui terus terang ke saya, kadang-kadang loh pak namanya dusun berubah. Karena ada yang nomaden, yang kemarin tidak ketemu, sekarang ketemu. Kemarin ada sekarang enggak ada, karena pindah," jelas dia.

"Kan tiap hari berubah-ubah. Makannya besok lusa saya ke Wamena, Asmat, oke itu berapa dusun misalkan ke Tambrau ada 12 dusun," ucap dia.

Rida menjelaskan, meski LTSHE bersifat sementara, lampu ini bisa bertahan sampai tiga tahun atau selagi menunggu listrik desa dan listrik PLN masuk ke daerah. Dengan begitu, menurutnya pemerintah sudah berupaya menerapkan energi berkeadilan sesuai nawacita Presiden Joko Widodo.

"Itu sementara tunggu Lisdes dari PLN. Jadi kita disinergikan dengan listrik Lisdes. Jangan sampai satu desa didatangi dua orang," pungkas dia.


 


(SAW)


Qatar Janjikan Investasi USD15 Miliar di Turki
Di Tengah Krisis

Qatar Janjikan Investasi USD15 Miliar di Turki

1 hour Ago

Pejabat Turki mengatakan Qatar telah menjanjikan investasi senilai USD15 miliar berupa investas…

BERITA LAINNYA