Jonan Frustrasi Revisi PP 79/2010 tak Kunjung Rampung

Annisa ayu artanti    •    Rabu, 17 May 2017 14:46 WIB
kementerian esdm
Jonan Frustrasi Revisi PP 79/2010 tak Kunjung Rampung
Menteri ESDM Ignasius Jonan. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengaku frustrasi karena revisi Peraturan Pemerintah No 79 Tahun 2010 yang diharapkan dapat meningkatkan gairah investasi hulu migas tidak kunjung selesai.

"Memang ada komentar mengenai amanemen PP 79 tidak jadi-jadi, saya juga frustrasi," ungkap Jonan dalam sambutan IPA Convex ke-41 di JCC, Jakarta, Rabu 17 Mei 2017.

Menurutnya, progres perbaikan poin-poin pada PP tersebut berjalan sangat lama. Ia mengatakan, pembahasan mengenai revisi PP ini sudah ada sebelum dirinya menjabat sebagai Menteri ESDM. Namun, hingga sekarang saat dirinya menjabat revisi PP tersebut belum selesai juga.

Baca: Jonan Komplain Revisi PP 79 Molor di Kemenkeu

Mantan Direktur Utama PT KAI ini juga berujar, jika revisi PP tersebut dapat dikerjakannya sendiri, ia akan mengerjakannya. Mengingat, peraturan itu menjadi kunci untuk menarik minat investor migas.

"Kalau saya bisa selesaikan sendiri, saya selesaikan sendiri," ujar dia.

Terakhir kali progres revisi PP ini sudah ditangani oleh seluruh stakeholder. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani beberapa waktu lalu mengatakan pihaknya telah menyelesaikan proses revisi PP mengenai Biaya Operasi yang Dapat dikembalikam dan Perlakuan Pajak Penghasilan di Bidang Usaha Minyak dan Gas Bumi.

Baca: Revisi PP 79 Telah Diteken, Menkeu Siap Keluarkan Secepatnya

"Sudah semua, sudah selesai. Semuanya sudah paraf," kata Sri Mulyani.

Wanita yang hangat disapa Ani ini mengatakan, perubahan payung hukum tersebut siap dikeluarkan dalam waktu dekat. Namun demikian, dia tidak menyebutkan waktu yang jelas kapan akan dikeluarkan.

"Secepatnya, sudah tidak ada masalah kok," ujar Ani.


(AHL)