Lima Rekomendasi untuk Turunkan Harga Gas

Annisa ayu artanti    •    Minggu, 18 Sep 2016 22:05 WIB
gas
Lima Rekomendasi untuk Turunkan Harga Gas
Ilustrasi gas bumi. (ANT/Rosa Panggabean)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dewan Energi Nasional (DEN) menyatakan ada empat rekomendasi yang diajukan terkait dengan harga gas. Empat rekomendasi ini akan menjadi upaya terobosan menurunkan harga gas bumi.

Anggota DEN, Syamsir Abduh mengatakan, yang pertama harus dilakukan adalah upaya transparansi baik disektor hulu maupun sektor hilir. Mereka harus merinci besaran biaya-biaya strukturnya.

"Pelaku usaha itu mau menjelaskan berapa sih cost structurenya di hulu mulai dari mengeluarkan dari perut bumi sampai di midnya sampai di end usernya," kata Syamsir Abduh saat ditemui usai acara diskusi energi kita, di Gedung Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Minggu (18/9/2016).

Begitu juga industri, industri dituntut jujur dan transparan dalam menyebutkan biaya-biayanya. Apakah benar 70 prsen atau tidak. Rekomendasi kedua, lanjut Syamsir Abduh terkait dengan pemotongan mata rantai yang panjang. Saat ini rantai ini yang dijadikan penyebab harga gas di end user sangat tinggi. Ia meminta badan usaha saja yang mengurusi soal distribusi dan transmisinya.

"Bahan usaha sajalah yang mengurusi transmisi dan distribusinya jangan bermacam-macam," ucap dia.

Ketiga, Syamsir menyebutkan, terkait dengan penerimaan negara. Menurutnya, pemerintah harus siap dikurangi bagiannya di sektor hulu. Kemudian, keempat terkait dengan industri yang dihulu sudah pay of time untuk mengurangi harga gas dilangan.

"Kelima, industri yang berbeda beda tadi dan komponen gasnya besar itu diberi insentif. Supaya bisa bergerak lagi. Jangan sampai sudah mau menggelepar industrinya, pemerintah baru mau memberi insentif," pungkas dia.


(LDS)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA