Holding BUMN Migas Terbentuk, PGN Bakal Akuisisi Pertagas

Annisa ayu artanti    •    Rabu, 11 Apr 2018 18:16 WIB
perusahaan gas negara (pgn)pertagasholding migas
<i>Holding</i> BUMN Migas Terbentuk, PGN Bakal Akuisisi Pertagas
Ilustrasi PGN. (FOTO: MI/Ramdani)

Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyetujui integrasi antara anak usaha PT Pertamina (Persero) yaitu PT Pertamina Gas (Pertagas) dengan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) usai holding BUMN migas terbentuk hari ini.

Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno mengatakan integrasi tersebut akan melalui proses akuisisi.

"Ini ada persetujuan prinsip integrasi Pertagas ke dalam PGN, jadi Pertagas sudah disetujui untuk masuk dalam PGN 100 persen," kata Fajar saat konferensi pers di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu, 11 April 2018.

Fajar menjelaskan proses integrasi antara Pertagas dan PGN dipilih melalui akuisisi lantaran dinilai lebih cepat dilakukan dibandingkan melalui skema merger antarperusahaan. Saat ini tim transaksi sedang mengkaji berapa besar valuasi untuk transaksi akuisisi tersebut.

"Jadi Pertagas diakuisisi PGN, karena itu yang paling cepat, kalau merger lebih lama," ucap Fajar.

Sementara itu, Direktur Utama PGN Jobi Triananda Hasjim mengungkapkan sebelumnya kedua belah pihak yaitu PGN dan Pertamina sebagai induk usaha Pertagas juga sudah mengerucutkan integrasi Pertagas dan PGN melalui metode akuisisi. Keduanya telah melakukan berbagai kajian-kajian dengan melihat sisi teknis, waktu, komplikasi legal, serta transaksi akuisisi.

Namun untuk berapa nilai akuisisi itu, masih dalam perhitungan oleh tim transkasi dan konsultan. PGN berharap dalam waktu dekat akuisisi Pertagas bisa segera dilakukan.

"Nilainya berapa ini masih sedang dalam bentuk kajian, dokumen-dokumen banyak dikumpulkan mudah-mudahan dalam waktu cepat konsultan sudah bisa mengusulkan kepada PGN dan Pertamina nilainya yang akan ditransaksikan untuk akuisisi Pertagas nilainya berapa," pungkas Jobi.

 


(AHL)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

3 days Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA